Hendi – Ita Saling Melengkapi

521
SERAP MASUKAN: Pasangan Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti Rahayu (Mbak Ita) bersama Direktur Jawa Pos Radar Semarang Abdul Aziz, kemarin. (Ricky Fitriyanto/JAWA POS Radar Semarang)
SERAP MASUKAN: Pasangan Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti Rahayu (Mbak Ita) bersama Direktur Jawa Pos Radar Semarang Abdul Aziz, kemarin. (Ricky Fitriyanto/JAWA POS Radar Semarang)

SEMARANG – Satu tahapan sudah dilewati Hendrar Prihadi menyongsong Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember mendatang. Hendi, sapaan akrabnya, telah mengantongi rekomendasi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang mengusungnya pada Pilwalkot Semarang 2015 sebagai calon wali kota. Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri ini resmi mengusung calon wali kota incumbent ini berpasangan dengan Hevearita Gunaryanti Rahayu atau yang akrab disapa Mbak Ita.

Resmi berpasangan sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota, Hendi dan Mbak Ita kemarin melakukan roadshow di sejumlah kantor media. Kedatangan keduanya bertemu dengan sejumlah pimpinan media adalah untuk mematangkan visi dan misi serta apa yang akan menjadi skala prioritas untuk dikerjakan apabila menjadi pemenang Pilwalkot 2015 mendatang.

”Setelah mendapatkan kepercayaan dari partai, selanjutnya kami saat ini tengah menyerap apa kemauan masyarakat Kota Semarang ke depan. Saran dan masukan dari pimpinan media tentu akan menjadi sesuatu yang berharga untuk langkah kami menghadapi Pilkada Serentak mendatang,” jelas Hendi.

Saat berkunjung ke kantor redaksi Jawa Pos Radar Semarang, Hendi dan Ita didampingi Ketua Tim Sukses Supriyadi, Ketua Komisi D DPRD Jateng Alwin Basri, dan Ketua Tim Kampanye Iwan Leksono, serta diterima langsung Direktur Jawa Pos Radar Semarang Abdul Aziz.

Hendi sendiri akan mengakhiri masa jabatannya sebagai Wali Kota Semarang pada 18 Juli mendatang. Setelah Lebaran, Hendi sudah akan menjadi ’rakyat biasa’. Menghadapi masa purnatugas, Hendi mengaku sudah menyusun sejumlah rencana terkait persiapan menghadapi Pilkada Serentak.

”Selama lima bulan ke depan saya masih akan tetap bersama-sama dengan warga Kota Semarang. Saya akan hadir di tengah-tengah mereka setiap hari untuk mengetahui apa yang menjadi kemauan warga terkait Kota Semarang ke depan, selanjutnya kalau kembali terpilih saya akan bersama-sama warga membangun Kota Semarang,” tandasnya.

Hendi mengaku, yang menjadi prioritas apabila terpilih sebagai wali kota periode 2016–2021 adalah tetap pada pembenahan dan pembangunan berbagai infrastruktur di Kota Lunpia ini. Kemudian Hendi berjanji akan membenahi kota agar secara estetika lebih baik. ”Jadi tidak lagi sekadar membangun, namun juga memperhatikan unsur estetika agar Kota Semarang lebih enak dipandang mata baik oleh warga maupun oleh orang luar Kota Semarang,” bebernya.

Tak hanya infrastruktur, Hendi mengaku juga akan lebih memberikan perhatian khusus pada penataan kota seperti wilayah Kota Lama, pariwisata dan sebagainya yang selama ini belum tergarap optimal. ”Untuk pariwisata, kita sudah punya rencana besar untuk Waduk Jatibarang,” ungkap Hendi.

Sementara Hevearita menyatakan, apabila nanti pasangan Hendi-Ita menang dan dirinya menjadi Wakil Wali Kota, maka dirinya siap mendukung, menjalankan dan melengkapi apa yang menjadi kebijakan Hendi. ”Kalau sebelum ini Mas Hendi tidak punya wakil wali kota, maka tugas-tugas beliau akan lebih terlengkapi dengan adanya wakil wali kota,” kata Mbak Ita.

Sebagai perempuan, Mbak Ita juga akan menjadi ’senjata’ bagi pasangan ini untuk memenuhi apa yang menjadi kebutuhan dan kemauan perempuan Kota Semarang. ”Peran Ibu Tya Hendi sebagai Ketua Dharma Wanita sudah sangat baik, tentunya saya sebagai wakil wali kota perempuan akan semakin melengkapi melayani warga terutama perempuan,” jelasnya.

Sebagai perempuan, Mbak Ita mengaku akan bisa lebih detail mengurusi hal-hal kecil namun berguna untuk masyarakat. ”Misalnya, saya akan lebih serius membina UKM di desa-desa dan kelurahan di daerah-daerah yang potensial di Kota Semarang ini, namun selama ini belum tergarap,” tambahnya.

Ketua Tim Sukses Supriyadi memaparkan, saat ini pihaknya fokus untuk merangkul partai-partai lain untuk bergabung menyukseskan pasangan Hendi-Mbak Ita. ”Kita tetap membuka diri bagi partai lain untuk bekerja sama, meski sudah punya 15 kursi yang cukup untuk mengusung pasangan Hendi-Mbak Ita. Kami tidak bisa jalan sendiri-sendiri, ke depan harus ada kerja sama dengan partai lain untuk membangun Kota Semarang,” tandasnya.

Langkah lain yang disiapkan tim sukses adalah merancang slogan pasangan Hendi-Mbak Ita, serta menjadwalkan deklarasi pasangan bakal calon. ”Untuk deklarasi yang jelas antara setelah Lebaran sampai sebelum penutupan pendaftaran tanggal 28 Juli nanti,” katanya. (smu/aro/ce1)