Mayoritas Partai Masih Menunggu Rekomendasi DPP

293

DEMAK – Sejumlah partai di Demak hingga kini masih menunggu rekomendasi dari DPP partai masing-masing. Sekretaris DPC PKB Demak, Nurul Muttaqin mengungkapkan, PKB belum mengetahui secara pasti siapa yang akan memperoleh rekomendasi dari DPP tersebut. “Kita tunggu saja,” katanya.

Ketua DPRD Demak ini menambahkan, apapun rekomendasi dari DPP akan dilaksanakan sebagaimana yang telah berjalan selama ini. Seperti diketahui, PKB sebelumnya telah menyeleksi beberapa kandidat yang mendaftar dan menyerahkan hasil musyawarah pimpinan (muspim) ke DPP. Namun, sampai sekarang rekom belum turun. “Kita berharap rekom bisa segera turun,”katanya.

Ketua DPC PKB Demak, Munhamir mengatakan, PKB sangat mungkin akan berkoalisi dengan PDIP dan partai lainnya. Informasi yang berkembang dilapangan, sejauh ini, PDIP telah menyiapkan kadernya yakni Fahrudin Bisri Slamet untuk menjadi calon wakil bupati. Yang bersangkutan pun telah siap jika dipasangan dengan calon bupati dari PKB. Karena itu, PKB pun tetap masih menunggu rekomendasi DPP PKB.

Sekretaris Desk Pilkada DPD PKS Demak, Kamzawi mengungkapkan, pihaknya juga masih menunggu rekom dari DPP PKS. Dia juga berharap rekom cepat turun. “Untuk rekomendasi di DPP PKS yang menandatangani itu presiden partai. Namun, saat ini presiden partai baru umroh di tanah suci. Kemungkinan baru bisa ditandatangani usai lebaran,”katanya.

Kamzawi menambahkan, ada dua kandidat cabup yang sebelumnya diproses di PKS. Yaitu, HM Dachirin Said dan Harwanto. Keduanya telah melakukan presentasi. “Karena itu, kita masih menunggu rekom DPP tersebut,”imbuh dia didampingi Sekretaris DPD PKS.

Terkait dengan rekomendasi ini, kata Kamzawi, setidaknya ada lima faktor yang bisa menjadi catatan untuk calon. Yakni, soal niat yang benar, nisab (kesiapan dana), nidlom (kepempinan), nasab dan nasib (legowo). (hib/fth)