Bandara A Yani Layani 184 Extra Flight

368

SEMARANG – Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang melayani hingga 184 extra flight selama musim mudik dan balik Lebaran. Ini guna mengantisipasi lonjakan penumpang jelang dan pasca lebaran.

General Manajer Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang Priyo Jatmiko mengatakan lonjakan penumpang mulai H-7 hingga H+7 lebaran. “Kalau hari-hari normal biasanya per hari 4000 penumpang, pada musim mudik biasanya di atas 6000 penumpang per hari. Tahun ini, selama musim mudik diprediksi ada peningkatan lonjakan penumpang hingga 18 persen,” ujarnya.

Guna mengantisipasi, pihaknya mengoptimalisasikan fasilitas-fasilitas yang tersedia. Di antaranya dengan melayani hingga 184 extra flight mulai dari H-7 hingga H+7 lebaran. Termasuk juga toleransi jam operasional. “Untuk hari-hari normal jam operasional kita mulai pukul 06.00 hingga 21.00. Namun pada saat-saat diperlukan, seperti musim mudik ini, maka jika ada penerbangan yang harus menambah hingga di atas pukul 21.00, tetap kita layani,” tegasnya.

Sedangkan untuk mengantisipasi adanya penumpukan penumpang, pihaknya juga telah memodifikasi ruang tunggu. Di mana saat jam-jam padat, terminal internasional dapat digunakan untuk penerbangan domestik. “Kapasitas ruang tunggu domestik 500 penumpang dan internasional 200 penumpang. Harapannya juga tidak ada penerbangan yang delay, sehingga tidak akan terjadi penumpukan penumpang. Namun bila terjadi, telah kami antisipasi,” tandas Priyo.

Pihaknya juga telah menyiapkan posko terpadu yang terdiri dari pihak angkasa pura, layanan kesehatan dan pihak-pihak lain yang terkait dengan kelancaran mudik. (dna/smu)