Gerindra Mulai Tidak Konsisten

335

KENDAL – DPC Partai Gerindra Kendal dinilai tidak konsisten dalam mendung calon kepala daerah. Buktinya, parpol berlambang kepala burung garuda ini menyatakan dukungan kepada cabup-cawabup Mukhamad Mustamsikin dan Akhadi Adi putra (Mutiara). Padahal, sebelumnya, perwakilan pengurus PAC se Kendal bersama pengurus DPC partai Gerindra Kendal sudah mendeklarasikan dukungan kepada Rusmono Rudi Nuryawan Sabtu (26/6). Seluruh ketua PAC dan pengurus DPC bakal mendukung penuh Rusmono sebagai cawabup dari Partai Gerindra.

Tapi ternyata dukungan yang sama juga diberikan kepada Mutiara dengan wakilnya Adi Putra Selasa (14/7). Alasannya, Gerindra mengaku parpolnya tidak dapat mengusung calon sendiri dan harus berkoalisi dengan parpol. “Kami sadar dirilah, parpol kami tidak mengusung sendiri dan harus berkoalisi dengan parpol lainnya. Dari parpol koalisi sepakat untuk mengusung Mutiara, jadi kami ya sepakat mengusungnya,” kata Wakil Ketua DPC Partai Gerindra Kendal, Azharudin, kemarin.

Ia menambahkan, saat mengusung Rusmono, parpolnya belum mengetahui berkoalisi dengan parpol mana saja. Saat ini PAC dan DPC mengusung Rusmono sebagai cawabup. “Jadi sekarang yang akan kami usulkan ke DPP untuk mendapatkan rekomendasi dari ya pasangan Mutiara,” imbuhnya.

Terkait kebijakan pengurus parpol DPD Partai Gerindra yang sepakat mengusung kader Mirna Annisa diakuinya memang benar. Tapi meski demikian, tidak menutup kemungkinan calon diluar kader, yang dirasa memiliki elektabilitas dan popularitas tinggi. Maka, parpol harus mendukung. “Kami tidak menyalahi kebijakan, karena parpol juga tidak mengharuskan kader. Tapi bisa diluar kader yang elektabilitasnya, popularitas serta tingkat kemenangannya lebih tinggi. Selain itu, Mirna Annisa lebih memilih PAW sebagai DPRD Provinsi Jateng,” tambahnya.

Rumono mengaku sejauh ini dirinya optimis akan memperoleh rekomendasi dari DPP Partai Gerindra sebagai cawabup. “Saya masih menunggu rekomendasi, lihat saja nanti rekomendasinya turun untuk siapa,” katanya.

Ia mengaku jika dirinya sudah berkomunikasi dengan DPP Partai Gerindra. “Begitupun dengan parpol2 lain di Koalisi Kendal Beribadat (KKB) kami masih menunggu rekomendasi, karena belum ada rekom yang turun,” tambahnya. (bud/fth)