Tingkat Kehadiran PNS Pemkot 99,8 Persen

305
HALALBIHALAL: Suasana halalbihalal di halaman balai kota kemarin. Muspida dan SKPD Pemkot menyalami Plt Wali Kota Semarang Adi Tri Hananto. (Humas for Jawa Pos Radar Semarang)
HALALBIHALAL: Suasana halalbihalal di halaman balai kota kemarin. Muspida dan SKPD Pemkot menyalami Plt Wali Kota Semarang Adi Tri Hananto. (Humas for Jawa Pos Radar Semarang)

BALAI KOTA – Hari pertama bertugas usai cuti bersama Idul Fitri 1436 H diisi jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Semarang dengan berhalalbihalal, Rabu (22/7). Bertempat di halaman balai kota, halalbihalal diawali dengan apel pagi terpusat yang yang dipimpin oleh Plt Wali Kota Semarang, Adi Tri Hananto.

Usai masa cuti Lebaran kemarin, Sekda Kota Semaran itu berharap agar semangat pelayanan masyarakat dapat semakin baik. Penghargaan atas kedisiplinan para ASN yang hadir dalam hari pertama ini. Hal tersebut sebagai wujud kedisiplinan. Tak hanya itu, Plt wali kota juga meminta adanya pengawasan langsung oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD), inspektorat dan instansi terkait untuk menegakkan kedisiplinan bagi para ASN yang tidak masuk bekerja tanpa alasan kuat. ”Cuti Lebaran 6 hari ini saya kira sudah cukup sehingga tidak ada alasan untuk tidak masuk kerja tanpa alasan yang jelas. Untuk itu, BKD dan inspektorat saya minta untuk memberi teguran bagi ASN yang tidak hadir dengan alasan kuat,” ungkapnya.

Sementara Ustad Fachrur Rozi dalam tausiah halalbihalalnya menyatakan bahwa bulan Ramadan mengajarkan manusia untuk dapat menahan diri dari berbagai perbuatan baik halal dan haram. Maka dirinya mengajak untuk dapat terus mempertahankan diri dari menjaga nafsu di 11 bulan lainnya.

Usai berhalalbihalal dengan jajaran karyawan-karyawati Pemkot Semarang, tim sidak dipimpin Plt wali kota melakukan sidak semua pegawai Pemkot Semarang. Sidak dilaksanakan tim gabungan yang terdiri atas Inspektorat, BKD Kota Semarang dan instansi terkait di seluruh SKPD baik di lingkungan Balai Kota, Gedung Juang, Gedung Pandanaran, dan SKPD pemkot lainnya.

Dari pantauan tersebut, tim memantau 99,8% atau 4.041 ASN Pemkot Semarang dari total 4.049 pegawai masuk kerja di hari pertama usai libur Lebaran. Tercatat 8 ASN tidak masuk tanpa keterangan. Meski demikian, secara umum berdasarkan pantauan kehadiran ASN dan aktivitas pelayanan berjalan baik. Sanksi tegas kepada PNS yang melanggar aturan akan diberlakukan sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Setelah sidak ASN, Plt wali kota melakukan silaturahmi dengan para mantan wali kota dan pejabat Pemkot Semarang. Silaturahmi dilakukan dengan mengunjungi kediaman Mahfud Ali, Sutrisno Suharto, Muchatip Adi Subroto, Sumarmo HS dan Hendrar Prihadi. (zal/ce1)