Harap-Harap Cemas Tunggu Rekomendasi

467

SEMARANG – Jelang pendaftaran pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Semarang periode 2016-2021 ke KPU, mulai Minggu (26/7) besok, peta politik sejumlah partai belum jelas. Hanya PDIP saja yang sudah siap mendaftar. Sedangkan PKS, Gerindra, Demokrat, Golkar, PAN, PKB, PPP, dan Nasdem, hingga berita ini ditulis masih harap-harap cemas menunggu turunnya rekomendasi dari DPP masing-masing.

Seperti diketahui KPU Kota Semarang membuka pendaftaran pada Minggu (26/7) hingga Selasa (28/7). Jika sampai masa pendaftaran jumlah pendaftar kurang dari dua pasangan calon, maka KPU akan memperpanjang tiga hari masa pendaftaran. Kalaupun sampai masa toleransi perpanjangan hanya satu pendaftar, maka Pilwalkot Semarang bisa diundur sampai 2017 mendatang. (terkait pendaftaran baca halaman 12)
Hingga tadi malam, sejumlah petinggi partai politik di Kota Semarang berada di Jakarta menunggu surat rekomendasi dari DPP. Namun beberapa ketua partai telah mendapat informasi mengenai isi rekomendasi tersebut. Seperti Ketua DPD PAN Kota Semarang Wachid Nurmiyanto. Pengurus pusat telah menurunkan rekomendasi untuk pasangan Sigit Ibnugroho-Agus Sutyoso.

”Kabarnya sudah turun, tapi saya belum melihat langsung surat rekomendasinya, karena masih berada di DPW. Yang saya tahu isi (rekomendasi) Sigit-Agus,” ujarnya saat dihubungi Jawa Pos Radar Semarang, tadi malam.

Setelah menerima surat rekomendasi dari pusat, DPC PAN akan melakukan komunikasi dengan partai lain, utamanya yang memiliki rekomendasi sama, mengarah ke pasangan Sibagus (Sigit-Agus). ”Kita akan duduk bersama membicarakan langkah apa yang akan dilaksanakan setelah ini. Tapi yang pasti kita lihat dulu kursinya apakah sudah cukup untuk mengusung pasangan ini,” terang Wachid sembari menambahkan jika sudah memenuhi syarat pengusungan, akan menggelar deklarasi pada Minggu (26/7) besok.

Berdasar informasi yang diterima koran ini, sejumlah partai hampir dipastikan juga mengusung pasangan Sibagus. Seperti Golkar, PPP, dan Gerindra. Namun informasi lain menyebutkan jika Golkar dan PPP akan menempuh upaya ke KPU Kota Semarang untuk meminta toleransi waktu pendaftaran mundur hingga tanggal 31 Juli, karena masalah rekomendasi yang belum selesai.

”Info yang saya tangkap dari teman-teman partai lain yang rekomendasinya sama itu ada Golkar, PPP, dan Gerindra. Info yang saya terima sudah siap ditandatangani,” ujar sumber koran ini.

Jika memang empat partai tersebut memiliki rekomendasi sama, yakni mengusung Sibagus, maka mereka memiliki 18 kursi dewan. Otomatis sudah bisa mengusung calon.

Sementara Partai Demokrat dan Nasdem rencananya akan merapat ke PDIP mendukung calon incumbent Hendrar Prihadi yang berpasangan dengan Hevearita. Sebelumnya, Sekretaris DPC Demokrat Kota Semarang Wahyu Winarto juga telah memberi sinyal kepada PDIP. Di mana salah satu hasil rapat pleno internal Demokrat, mendukung calon petahana dalam Pilwalkot.

”Ini saya masih di Jakarta, menunggu rekomendasi. Nanti malam (kemarin) atau paling lambat besok siang (hari ini) saya kabari,” ujar pria yang akrab disapa Liluk ini.

Sedangkan PKB, sebelumnya telah mendukung pasangan Sibagus. Namun jelang turunnya rekomendasi, Soemarmo Hadi Saputro, salah satu bakal calon wali kota, menjalin komunikasi kepada Ketua DPC PKB Kota Semarang, Teguh Widodo. Namun saat dikonfirmasi, Teguh mengaku belum bertemu dengan Soemarmo.

”Sampai sekarang belum datang (Soemarmo). Ini masih harap-harap cemas, Sigit apa Soemarmo. Terus terang kemarin kita memang mendukung Sigit, karena saat itu yang melakukan pendekatan baru Sigit,” ujar Teguh yang mengaku tadi malam berada di Jakarta menanti rekomendasi.

Jika memang rekomendasi PKB turun pada pasangan Sibagus (Sigit-Agus), maka kekuatan PAN, Gerindra, Golkar, dan PPP, akan semakin besar. Namun apabila rekomendasi jatuh kepada Soemarmo. Maka PKB harus mencari partai koalisi yang sama-sama mengusung Soemarmo, agar bisa mengusung calon, karena PKB hanya memiliki 4 kursi dewan. Dari sekian partai yang belum menentukan sikap adalah PKS. Di DPRD Kota Semarang PKS memiliki 6 kursi. Sehingga jika berkoalisi, telah memenuhi kuota minimal 20 persen mengusung calon sendiri.

”PKS ini saya belum tahu rekomendasinya ke siapa. Bisa jadi nanti PKS sama PKB, kalau memang sama rekomnya. Kita lihat saja nanti,” terang Teguh.

Soemarmo sendiri dikabarkan akan dipasangkan dengan Zuber Safawi, mantan anggota DPR RI. Pasangan lain yang kemungkinan digaet Soemarmo adalah Lina Aliana, kader PKB yang sebelumnya mendaftar wakil wali kota lewat penjaringan DPC PKB Kota Semarang.

Sementara itu, setelah memastikan akan berduet dengan Sigit Ibnugroho, Rabu (22/7) lalu, Agus Sutyoso mengajukan pengunduran diri sebagai PNS Pemkot Semarang kepada Plt Wali Kota Semarang, Adi Trihananto. Agus yang menjabat Kepala Dinas Penerangan Jalan dan Pengelolaan Reklame (PJPR) Kota Semarang merasa yakin dan mantap untuk maju mewakili Sigit Ibnugroho di Pilwalkot Semarang mendatang.

”Pengunduran diri diajukan langsung kepada Sekda Kota Semarang Adi Trihananto selaku pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Semarang. Surat saya ajukan sebagai salah satu persyaratan ‎pendaftaran calon wakil wali kota ke KPU,” terang Agus.

Pengunduran diri tersebut, menurut Agus, sebagai keseriusannya dalam lebih mengabdi kepada masyarakat Semarang. Selain itu, kelengkapan administrasi yang mununtut persyaratan seperti itu. Agus Sutyoso akan mendampingi Sigit Ibnugroho pasangan maju melalui koalisi Semarang Bersatu dengan tagline Sibagus.

Sigit Ibnugroho mengatakan, jika pengajuan pengunduruan diri Agus dari PNS Pemkot Semarang akan lebih mempercepat proses sosialisasi yang dilakukan kepada masyarakat. ”Pengunduran diri sebagai PNS aktif akan menjadi pintu untuk mempermudah pelaksanaan pencalonan Sibagus yang akan dilakukan pekan depan,” terang Sigit.

Sigit berharap dan yakin jika pengunduran Agus Sutyoso sebagai kepala dinas di Kota Semarang, semakin memantapkan untuk maju memberi perubahan di Kota Semarang. Selain itu, lebih bisa terbuka dalam membuka keran koalisi pendukung untuk berada di barisan Koalisi Semarang Bersatu. (zal/aro/ce1)