167 Pesenam Bersaing di Kejurprov

505
UNJUK GIGI: Seorang pesenam unjuk gigi dalam pertandingan. Sementara 167 pesenam muda bakal tampil di ajang Kejurprov Kelompok Umur untuk memperebutkan gelar terbaik. (Baskoro Septiadi/Jawa Pos Radar Semarang)
UNJUK GIGI: Seorang pesenam unjuk gigi dalam pertandingan. Sementara 167 pesenam muda bakal tampil di ajang Kejurprov Kelompok Umur untuk memperebutkan gelar terbaik. (Baskoro Septiadi/Jawa Pos Radar Semarang)

SEMARANG – Sebanyak 167 pesenam yang datang dari 20 pengkab/pengkot Persani se-Jateng, akan bersaing di Kejurprov Senam Kelompok Umur di GOR Pesantenan, Pati, pada 28 hingga 30 Juli mendatang.

Sekum Pengprov Persani Jateng Tommy Soenjoto menjelaskan, tujuan digelarnya kejurprov ini sebagai sarana pembibitan atau kaderisasi pesenam. Selain itu, tentu saja memasalkan cabang senam di wilayah Jateng.

Beberapa kabupaten/kota yang menyertakan atletnya, di antaranya Kabupaten Pati, Cilacap, Pemalang, Kudus, Banyumas, Grobogan, Blora, Temanggung, Karanganyar, Kendal, Kota Pekalongan dan Kota Semarang.

”Ini memang pertama kali kejurprov di luar Semarang. Harapannya, cabang senam makin memasyarakat. Yang melegakan, peserta di Pati ini di luar estimasi kami. Peta kekuatan, kami prediksikan merata,” kata Tommy.

Pada kejurprov kelompok umur ini, kata dia, dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori I usia 7-11 tahun dan kategori II (12-15 tahun). Kejurprov melombakan tujuh mata lomba yaitu artistik putra-putri kategori I, artistik putra-putri kategori II, ritmik kategori I dan II serta aerobic gymnastics.

”Di nomor artistik dan ritmik, ada lima nomor yang dilombakan. Misalnya artistik putri, nomor beregu, serbabisa, lantai, balok keseimbangan dan meja lompat,” kata wakil ketua II Persani Kota Semarang tersebut.

Ketua Pelaksana Supar menambahkan, pihaknya bersyukur, kejurprov yang menurut rencana dibuka oleh Bupati Pati Haryanto tersebut mendapat antusiasme yang tinggi. Dia menyebut, cabang senam di Pati sudah mulai dikenal. Di kejurprov nanti, Pati akan menyertakan sekitar 20 pesenam terbaiknya dengan harapan bisa meraih medali emas. (bas/zal/ce1)