Penjualan Mobil Turun 6 Persen

404

SEMARANG – Penjualan mobil secara umum mengalami penurunan sekitar 6 persen, akibat lesunya kondisi pereknomian. Penjualan Astra Daihatsu tetap meningkat 5 persen, meski mengalami peningkatkan Daihatsu akan melakukan revisi target, karena kondisi ekonomi yang cukup berat.

Branch Manager PT Astra Daiharsu, David Gunawan mengatakan, target penjualan tahun ini sekitar 22.234 unit mobil. Namun karena kondisi ekonomi yang kurang mendukung, Daihatsu akan melakukan revisi target.

“Soal berapa revisi target, belum dapat dijelaskan karena masih menunggu keputusan dari pusat. Penurunan target bisa 10 persen atau lebih tergantung pusat,” ujar David, kemarin.

Dijelaskan pada Juni lalu penjualan sudah menunjukan tren meningkat, karena penjualan dari Daihatsu naik 5 persen dibanding bulan Mei 2015. Pada saat Lebaran, penjualan justru mengalami penurunan, karena jumlah hari kerja yang pendek, akibat libur bersama Lebaran.

“Dibanding Lebaran tahun lalu, penjualan mobil pada lebaran tahun ini sangat jauh. Ini karena kondisi ekonomi tidak sama dengan tahun lalu,” tambahnya.

Dari hasil penjualan kontribusi penjualan masih didominasi mobil penumpang , seperti Xenia, Ayla, Sirion, Etios. Penjualan pada bulan Juni mencapai 1.487 unit di Jateng. Terbesar Pick Up 637 unit, disusul Xenia 352 unit, dan Ayla 212.

Diakui market mobil di Jateng tahun ini turun 6 persen, bahkan dari Maret-Mei terus turun. Sebaliknya untuk Daihatsu mulai Februari-Juni justru menanjak. Market share pada Mei 18,22 persen atau naik 17,6 persen dibanding April 2015. Tahun 2014, realisasi penjualan total Daihatsu 17.679 unit.

Sementara itu pada lebaran kemarin kunjungan bengkel Daihatsu naik 15 persen atau 80 mobil per hari. Puncak kunjungan bengkel terjadi pada tanggal 14-15-16 Juli, karena banyak masyarakat yang akan mudik lebaran.

“Selama masa Lebaran kami menggelar promo ganti oli pakai hell beli 2 liter gratis 1 liter, dan beli 3 liter dapat gratis 1 liter. Kami juga menyediakan Pos siaga 24 jam di alas roban dan buntu.

Bengkel siaga dari Isuzu, Daihatsu, BMW, Peugeot, dan setiap pos bisa melayani 253 kendaraan per hari,” tambah Area Srvice Head Daihatsu Jateng-DIY Teguh Santoso. (tya/zal)