Soemarmo-Zuber Optimistis Dapat Dukungan Masyarakat

Must Read

Makan Menko

Pak Jaya Suprana menghubungi saya. Paguyuban Punokawan akan audensi dengan Menko Polhukam, Prof. Dr. Mahfud MD. Tapi saya lagi di...

Sepanjang Tahun 2019 Ada 1.576 Calon Janda Baru di Kajen

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sepanjang tahun 2019 hingga bulan Desember kemarin, tercatat Pengadilan Agama Kajen sebanyak 1.576 terjadi kasus gugat...

Langkah Kecil

Mereka baru sebulan kuliah di mancanegara. Di Zhejiang University of Technology. Tiga wanita berjilbab itu. Tiga lagi laki-laki --satu...

PENDAFTAR PERTAMA: Pasangan Soemarmo HS dan Zuber Safawi berfoto bersama pendukungnya saat mendaftar di KPU Kota Semarang kemarin. (Adityo Dwi/Jawa Pos Radar Semarang)
PENDAFTAR PERTAMA: Pasangan Soemarmo HS dan Zuber Safawi berfoto bersama pendukungnya saat mendaftar di KPU Kota Semarang kemarin. (Adityo Dwi/Jawa Pos Radar Semarang)

SEKAYU – Pasangan Soemarmo-Zuber Safawi menjadi bakal calon wali kota dan wakil wali kota pertama yang mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Semarang, Minggu (26/7). Dengan diringi ratusan simpatisan dan partai pengusung, PKB-PKS, Soemarmo-Zuber menuju kantor KPU di lantai 5 Gedung Pandanaran.

Soemarmo dan Zuber mengenakan kemeja warna putih. Keduanya tiba di kantor KPU sekitar pukul 10.15. Semua persyaratan pencalonan baik dari partai pengusung maupun calon dinyatakan diterima oleh Ketua KPU Kota Semarang, Henry Wahyono.

Ketua Koalisi Bangkit Sejahtera (PKB-PKS), Teguh Widodo, mengaku optimistis meski hanya dua partai dengan 10 kursi dewan, bisa memenangkan pertarungan Pilwalkot yang digelar 9 Desember mendatang. Menurutnya, tidak membutuhkan waktu banyak untuk berkoalisi dan memutuskan mendaftar ke KPU.

”Koalisi ini sesuai dengan arahan dan rekomendasi DPP masing-masing. Dengan koalisi ini, kita juga sudah memenuhi kuota 20 persen kursi dewan untuk mengusung calon. Kita sudah koordinasi kilat dan memutuskan mendaftar lebih awal. Dengan PKS kita lebih kuat. Kita memilih Soemarmo, karena yang bersangkutan sudah menyatakan sebagai kader PKB,” terang Teguh Widodo usai mendaftarkan pasangan wali kota dan wakil wali kota periode 2016-2021.

Ketua DPD PKS Kota Semarang, Agung Budi Margono, menjelaskan, keputusan PKS mengusung Zuber Safawi hasil dari masukan kader dan pengurus. ”Jadi nama Pak Zuber itu bukan sosok baru yang muncul begitu saja. Tapi sudah muncul dari internal partai kami sejak lama. Dan ini sebagai bentuk kaderisasi PKS. Oleh karena itu, kami dorong Pak Zuber untuk bisa berkiprah (dalam Pilwalkot). Dan beliau juga sudah connect dengan PKB maupun Pak Marmo,” tandas Wakil Ketua DPRD Kota Semarang ini.

Ketua KPU Kota Semarang, Henry Wahyono, menyatakan, menerima semua persyaratan yang diajukan partai pengusung, yakni PKB-PKS. Termasuk persetujuan dari pengurus partai tingkat pusat dan wilayah.

”Semua itu sudah diserahkan dan memenuhi syarat. Artinya, kita sudah menerima. Tapi, untuk persyaratan calon ada beberapa hal yang harus dilengkapi. Kita anjurkan masa perbaikan calon segera diselesaikan, sebelum batas akhir pemeriksaan kesehatan atau maksimal tanggal 2 Agustus,” terang Henry.

Henry menambahkan, terkait syarat calon berdasar PKPU Nomor 12 pasal 42 huruf c sampai y, sesuai SE KPU Nomor 396 tentang syarat yang harus dipenuhi, juga terdapat bakal calon yang pernah terjerat kasus, wajib melakukan sosialisasi kepada kepada publik secara terbuka dan jujur, lewat media massa.

Sementara itu, Soemarmo Hadi Saputro mengaku siap melengkapi berkas sesuai ketentuan secepatnya. Termasuk sosialisasi status dirinya sebagai mantan narapidana. Selama ini Soemarmo secara tidak langsung telah melakukan sosialisasi terkait status dirinya.

Menurutnya, masyarakat yang menilai apakah kasus yang menjeratnya selama ini memang untuk kepentingan pribadi atau masyarakat Kota Semarang. ”Sebenarnya saya sudah sampaikan secara terbuka terkait hal itu, bahkan jauh sebelum saya mendaftar maupun mencalonkan diri. Termasuk kepada masyarakat secara langsung. Bahwa saya ini mantan narapidana. Tapi perlu diketahui, saya dalam hal ini berjuang untuk rakyat Kota Semarang. Alhamdulillah saya menang di Peninjauan Kembali (PK) pasal dakwaan saya tidak terbukti,” jelasnya.

Ketika ditanya awak media apakah optimistis menang? Soemarmo menyerahkan semuanya kepada masyarakat. ”Terserah masyarakat. Karena yang punya suara adalah masyarakat,” tegasnya.

”Saya tidak bisa sendiri tapi bersama pasangan dan tim pemenangan PKS-PKB dan tim pemenangan saya. Perjuangan saya ini bukan untuk saya dan Pak Zuber atau untuk partai, tapi untuk kalangan masyarakat Kota Semarang,” imbuhnya.

Secara pribadi, Soemarmo berniat untuk membayar utang kepada masyarakat yang selama ini belum tertuntaskan. Belum bisa menyelesaikan program-program pembangunan yang telah dirancangnya sejak 2010 ketika terpilih.

”Saya ingin membayar utang saya. Kemarin program saya belum tuntas, masih banyak yang harus diselesaikan. Paling besar contoh jalan lingkar utara, terkait rob banjir, Polder Banger dan Tawang belum tertangani. Maka ke depan program-program ini jadi prioritas saya dengan Ustad Zuber,” tandasnya.

Disinggung mengenai peluang melawan calon petahana, Soemarmo tidak ingin berandai-andai.”“Semua kita coba yang terbaik untuk Kota Semarang. Kita tawarkan program kepada masyarakat, terserah masyarakat yang menilai. Kalau tertarik pasti mereka memilih pasangan Marmo-Zuber,” tegas mantan Wali Kota Semarang periode 2010-2012 itu.

Zuber Safawi sendiri mengakui selama memimpin Kota Semarang saat itu, program-program yang dirancang memang efektif menangani sejumlah persoalan. Karena itu, pihaknya mendukung penuh Soemarmo.

”Saya diminta Pak Marmo untuk mendampingi. Kita akan berjuang bersama-sama untuk Semarang menjadi lebih baik lagi. Menuntaskan program-program yang selama ini belum terselesaikan dengan baik,” tandas mantan anggota DPR RI ini. (zal/aro/ce1)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Latest News

Makan Menko

Pak Jaya Suprana menghubungi saya. Paguyuban Punokawan akan audensi dengan Menko Polhukam, Prof. Dr. Mahfud MD. Tapi saya lagi di...

Sepanjang Tahun 2019 Ada 1.576 Calon Janda Baru di Kajen

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sepanjang tahun 2019 hingga bulan Desember kemarin, tercatat Pengadilan Agama Kajen sebanyak 1.576 terjadi kasus gugat cerai. Hal itu disampaikan oleh...

Langkah Kecil

Mereka baru sebulan kuliah di mancanegara. Di Zhejiang University of Technology. Tiga wanita berjilbab itu. Tiga lagi laki-laki --satu anak kiai, satu lagi anak...

Neo Mustaqbal

Sejarah dunia akan dibuat oleh Arab Saudi. Sejarah pertama: Aramco akan go public --dengan nilai yang belum ada duanya di dunia: Rp 28.000.000.000.000.000. Kedua: hasil IPO itu akan...

Rumah Kita

Kaget-kaget senang: Indonesia resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Tahun 2021. Sepak bola Indonesia diakui dunia. Prestasi Presiden Joko ”Jokowi” Widodo kelihatan nyata...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -