Cawali Teken Deklarasi Damai

Must Read

Makan Menko

Pak Jaya Suprana menghubungi saya. Paguyuban Punokawan akan audensi dengan Menko Polhukam, Prof. Dr. Mahfud MD. Tapi saya lagi di...

Sepanjang Tahun 2019 Ada 1.576 Calon Janda Baru di Kajen

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sepanjang tahun 2019 hingga bulan Desember kemarin, tercatat Pengadilan Agama Kajen sebanyak 1.576 terjadi kasus gugat...

Langkah Kecil

Mereka baru sebulan kuliah di mancanegara. Di Zhejiang University of Technology. Tiga wanita berjilbab itu. Tiga lagi laki-laki --satu...

PILKADA DAMAI: Pasangan Sigit-Agus dan Marmo-Zuber saat menandatangani Deklarasi Damai di Mapolrestabes, kemarin. (ISTIMEWA)
PILKADA DAMAI: Pasangan Sigit-Agus dan Marmo-Zuber saat menandatangani Deklarasi Damai di Mapolrestabes, kemarin. (ISTIMEWA)

BARUSARI- Dua pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang menandatangani deklarasi damai di aula lantai 3 Mapolrestabes Semarang, Jumat (28/8) siang. Dua pasangan calon tersebut adalah Soemarmo HS- Zuber Safawi (nomor urut 1) dan pasangan Sigit Ibnugroho- Agus Sutyoso (nomor urut 3). Sedangkan pasangan Hendrar Prihadi–Hevearita Gunaryanti Rahayu (nomor urut 2), tidak hadir dalam deklarasi damai tersebut. Keduanya diwakili oleh tim pemenangan Hebat (Hendi-Ita Bersama Rakyat).

Sekitar pukul 14.00, secara berurutan masing-masing pasangan calon tampak mendatangi Mapolrestabes Semarang diikuti para pendukung dan tim pemenangan masing-masing. Sigit-Agus (Sibagus), pasangan berbaju putih dengan logo Superhero (mirip Superman) datang pertama kali dengan menebar senyum sembari melambaikan tangan. Tampak di belakangnya sejumlah cewek mungil mengenakan t-shirt warna putih berlogo sama memberi semangat pemenangan dengan mengacungkan salam tiga jari simbol metal. Tak berselang lama, disusul kedatangan pasangan Soemarmo dan Zuber (MAZU). Satu pasangan calon yang tak hadir dalam penandatanganan deklarasi damai tersebut adalah pasangan Hendi-Ita (Hebat).

Dua pasangan yang hadir lantas meneken deklarasi damai di depan forum dan sejumlah pejabat. Sedangkan pasangan Hendi-Ita hanya diwakili oleh salah satu tim pemenangannya. “Hari ini dilakukan penandatanganan deklarasi damai tiga calon Wali Kota Semarang. Satu pasangan calon (pasangan Hendi-Ita) tidak datang.” kata Wakapolrestabes Semarang AKBP Ade Sapari ditemui Jawa Pos Radar Semarang usai acara deklarasi damai di Mapolrestabes Semarang, Jumat (28/8).

Dijelaskan Ade, deklarasi damai tersebut untuk mengantisipasi dimungkinkannya terjadi gesekan-gesekan selama proses pemilihan kepala daerah di Kota Semarang. “Semua pasangan siap menang. Tapi juga harus siap kalah. Jadi, bagi pasangan yang tidak terpilih agar tetap saling bahu-membahu membangun Kota Semarang,” kata Ade.

Sebab, lanjut Ade, pasangan yang nantinya terpilih adalah pilihan rakyat. Melalui deklarasi damai tersebut, semua pihak berkomitmen agar mampu menciptakan situasi masyarakat yang aman dan tertib. “Kami berharap, tiga calon wali kota dan wakil wali kota ini tetap bahu-membahu membangun Kota Semarang,” ujarnya.

Ade membenarkan, ada satu pasangan calon yang tidak hadir dalam deklarasi damai tersebut. “Mereka (Hendi-Ita) sudah konfirmasi ke pihak kami kalau akan datang terlambat. Informasinya sih masih perjalanan. Satunya perjalanan dari Magelang, satunya masih ada acara kampanye.” ujar Wakapolrestabes.

Saat ditanya apakah dengan tidak hadirnya salah satu pasangan calon tersebut menghambat acara deklarasi damai? Ade mengatakan, deklarasi damai tetap dilakukan dan berjalan lancar, meski satu pasangan tidak hadir. “Seharusnya ya datang, karena itu sebagai komitmen bersama. Selain itu, juga untuk kepentingan mereka,” katanya.

Pihaknya mengaku telah siap melakukan pengamanan Pilkada di Kota Semarang. Sedikitnya 2/3 dari kekuatan Polrestabes Semarang yang berjumlah 2.800 personel akan dikerahkan. Jumlahnya kurang lebih 1.800 personel siap melakukan pengamanan Pilkada di Kota Semarang.

“Bagi kepolisian, semua lini bisa saja rawan terjadi gangguan keamanan. Semua yang melibatkan massa banyak berpotensi rawan Kamtibmas. Maka hal yang paling dihindari adalah pertemuan massa antarpasangan calon,” ujarnya.

Karena itu, pihaknya telah bekerjasama dengan pihak terkait untuk melakukan koordinasi terkait pengaturan jadwal kampanye yang melibatkan massa.

“Saat ini sudah masuk tahap kampanye hingga Desember nanti. Semua personel melekat pengamanan selama berlangsung kampanye, kecuali hari libur nasional. Jadwal sudah ditentukan oleh KPU. Jika setiap pasangan yang tidak punya jadwal kampanye, tapi menggelar kampanye, mereka melanggar,” terangnya.

Ketua KPU Kota Semarang Hendy Wahyono mengapresiasi langkah Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Burhanudin yang menggelar deklarasi damai untuk tiga pasangan calon. “Deklarasi damai membuat suasana semakin sejuk dan damai. Mari menikmati pesta demokrasi dengan menyenangkan. Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Tentu akan memberi efek yang baik bagi masyarakat,” ujarnya.

Acara deklarasi damai tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat dan instansi terkait. Selain Ketua KPU Kota Semarang, turut hadir Ketua Panwaslu, PJ Wali Kota Semarang Tavip Supariyanto, Dandim 0733/BS Semarang, dan sejumlah aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). (amu/aro)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Latest News

Makan Menko

Pak Jaya Suprana menghubungi saya. Paguyuban Punokawan akan audensi dengan Menko Polhukam, Prof. Dr. Mahfud MD. Tapi saya lagi di...

Sepanjang Tahun 2019 Ada 1.576 Calon Janda Baru di Kajen

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sepanjang tahun 2019 hingga bulan Desember kemarin, tercatat Pengadilan Agama Kajen sebanyak 1.576 terjadi kasus gugat cerai. Hal itu disampaikan oleh...

Langkah Kecil

Mereka baru sebulan kuliah di mancanegara. Di Zhejiang University of Technology. Tiga wanita berjilbab itu. Tiga lagi laki-laki --satu anak kiai, satu lagi anak...

Neo Mustaqbal

Sejarah dunia akan dibuat oleh Arab Saudi. Sejarah pertama: Aramco akan go public --dengan nilai yang belum ada duanya di dunia: Rp 28.000.000.000.000.000. Kedua: hasil IPO itu akan...

Rumah Kita

Kaget-kaget senang: Indonesia resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Tahun 2021. Sepak bola Indonesia diakui dunia. Prestasi Presiden Joko ”Jokowi” Widodo kelihatan nyata...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -