Kapal Pekalongan Ditawarkan ke Gubernur

510

Ganjar menambahkan, dirinya cukup bangga dengan kapal asli buatan putra asli Pekalongan ini. Karena dapat mendorong geliat ekonomi di Jawa Tengah. “Kapal ini karya asli putra daerah, yang dapat meningkatkan kepercayaan diri kita. Bagaimana negara maritim ini bisa berdiri tegak,” kata dia.

Komisaris Utama PT Barokah Marine, Agus Triharsito mengatakan kapal jenis tongkang keruk itu memiliki kapasitas untuk mengangkut lumpur hingga 500 meter kubik. “Panjangnya 37 meter, lebar 12 meter, dan tinggi 3,5 meter,” jelasnya.

Dia berharap bisa kembali memulihkan sungai-sungai yang ada di Indoneisa, baik di Jakarta maupun di Pekalongan sendiri. Sehingga lingkungan sekitar sungai bisa kembali baik. “Semoga nantinya bermanfaat untuk memperbaiki lingkungan sekitar sungai,” harapnya.

Sementara itu, Plt Wali Kota Pekalongan Dwi Arie Putranto mengungkapkan Pemkot cukup bangga dengan perusahaan perkapalan tersebut. “Produksi anak negeri ini (kapal baja), sangat mendukung gagasan poros maritim dan kejayaan maritim indonesia. Jadi bukan gagasan ada-ada saja, tapi memang benar adanya,” serunya.

Dia menambahkan Pekalongan sebagai kota perikanan dan kota pelabuhan ingin kembali ke masa kejayaannya menjadi penghasil ikan terbesar di Indonesia. Dengan adanya galangan kapal tersebut, sudah menjadi salah satu langkah untuk memujudkan Pekalongan menjadi Kota Minapolitan. (han/ric)