Fosil Kepala Kerbau Mampir Gubernuran

963

Mendengar hal tersebut, Gubernur Ganjar Pranowo meminta Ahmad untuk menjaga fosil kepala kerbau tersebut dengan baik agar tidak disalahgunakan oleh pihak lain. Ia juga menyarankan untuk diserahkan sebagai bahan kajian bagi tim perlindungan Balai Situs Pelestarian Manusia Purba Sangiran.

”Simpen ning panggonmu sik. Nek entuk, wis pasang ning panggonmu. Nek rak entuk, yo digowo (Simpan di tempatmu dulu. Kalau diperbolehkan, pasang saja di tempatmu. Kalau tidak boleh, diserahkan kepada negara),” katanya yang saat itu mengenakan pakaian khas Jawa.

Kepala Tata Usaha Balai Situs Pelestarian Manusia Purba Sangiran Budi Sancoyo yang juga hadir dalam kesempatan itu menjelaskan, umur benda tersebut diperkirakan antara 300-700 ribu tahun sebelum masehi. Sehingga dapat dikategorikan sebagai fosil. Namun, pihaknya akan melakukan kajian terlebih dahulu untuk mengetahui secara pasti umur sebenarnya fosil tersebut.

”Jika harus dimiliki negara, kami akan memberikan imbalan jasa kepada penemunya. Untuk nominal jumlahnya belum dapat ditentukan karena harus melalui analisis tim. Besok (hari ini) kita langsung kirimkan tim ke Grobogan untuk melihat lokasi penemuan,” tandasnya. (fai/ric/ce1)