Ajak Tangkal Radikalisme

1109
PINDAHAN: Bupati Kendal Widya Kandi Susanti saat meninggalkan rumah dinasnya menuju rumah pribadi. (ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
Joni Afrizal (Hanafi/jawa pos radar semarang)
Joni Afrizal (Hanafi/jawa pos radar semarang)

SEMARANG – Semakin menjamurnya paham radikalisme dan terorisme di Kota Pekalongan dan sekitarnya membuat Kepala Brimob Detasemen B Pelopor, AKBP Joni Afrizal gencar melakukan sosialisasi bahaya radikalisme langsung ke masyarakat.

“Kami memiliki program tangkal paham radikalisme. Semua elemen, dari masyarakat, aparat, pemerintah dan pemuka agama kami ajak peran sertanya,” ucap Joni panggilan akrabnya. Pihaknya selain sosialisasi dalam forum-forum tertentu, juga mendatangi langsung masyarakat untuk menyampaikan bahaya radikalisme dan terorisme.

Menurutnya, hal itu dilakukan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat menangkal bahaya radikalisme tersebut. Sebab saat ini kepedulian masyarakat dirasa sangat kurang. Seperti dicontohkan, kini warga sudah jarang mau peduli dengan sekitarnya. Membiarkan saja, warga baru yang mencurigakan bebas berkeliaran. Biasanya setelah kejadian penangkapan teroris, masyarakat sekitar baru bercerita kalau terduga teroris itu orangnya tertutup dan tidak bersosialisasi dan lain-lain.