6 Ribu Ponggol Dibagikan

493
MAKAN PONGGOL : Para PNS makan nasi ponggol bareng di Alun-alun Kota Tegal. (DEDE NADIYANAH/JPNN)
MAKAN PONGGOL : Para PNS makan nasi ponggol bareng di Alun-alun Kota Tegal. (DEDE NADIYANAH/JPNN)

TEGAL – Sebanyak 6 Ribu pincuk nasi ponggol dan 6 Ribu telor asin, serta air mineral dibagikan secara gratis kepada masyarakat pada ‘Pesta Ponggol’ di Alun-alun Kota Tegal, Selasa (12/4) pagi.

Kebanyakan warga kurang mengetahui bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal menggelar ‘Pesta Ponggol’, sehingga mereka hanya menonton saja. Tapi panitia kemudian menghampiri warga untuk memberikan sebungkus nasi ponggol. Setelah paham nasi ponggol tersebut dibagikan secara gratis, warga kemudian berlomba-lomba datang ke komplek Alun-alun untuk mendapatkan nasi ponggol.

Sekretaris Panitia Hari Jadi Kota Tegal Ke-436, Heru Prasetya SSTP mengatakan, nasi ponggol dibeli dari 20 pedagang di Kota Tegal. Sementara telur asin dibeli dari Radjum, Ketua Kelompok Tani Ternak Itik Berkah Abadi, Kelurahan Pesurungan Lor, Kecamatan Margadana.

“Ponggol kita anggap ikon Kota Tegal dan telah menjadi makanan khas Tegal yang ditempat lain tidak ada,” terang Plt Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah (Setda) Kota Tegal, saat memantau pembangian nasi ponggol.

Sementara telur itik segaja dikenalkan kepada masyarakat karena Kota Tegal baru saja meraih Juara 1 Kelompok Tani Ternak Itik Terbaik se Jawa Tengah 2015.

“Produksi itik kita terbesar se Jawa Tengah, bahkan mungkin nasional,” paparnya.

Pada waktu yang bersamaan, usai Upacara Hari Jadi Kota Tegal Ke-436 tersebut, Pemkot Tegal juga menggelar pesta ponggol untuk Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) di Pendopo Ki Gede Sebayu sebanyak 1.000 ponggol dan 1.000 telur itik.

“Harapannya seluruh masyarakat Kota Tegal merasakan kegiatan Hari Jadi Kota Tegal ini,” ungkap Heru.

Salah seorang warga Kota Tegal, Sri,55, yang datang bersama kedua anaknya mengaku senang mendapatkan nasi ponggol dan telor asin. “Untuk makan siang di rumah,” pungkasnya. (dya/jpnn/ric)