331 PNS Misterius Terendus Tak Registrasi e-PUPNS

525

KLATEN – Keberadaan PNS misterius ikut terdeteksi di Eks Karesidenan Surakarta. Di Kabupaten Klaten terdapat 331 masuk kategori tersebut. Itu diketahui setelah Badan Kepegawaian Negara (BKN) melakukan Pendataan Ulang PNS (PUPNS) melalui aplikasi e-PUPNS.

“Kami sudah melakukan validasi dan kroscek ke pusat,” ucap Kepala BKD Klaten Edy Hartanta, Jumat (22/4).

Ratusan PNS tersebut dicap misterius karena tidak melakukan registrasi e-PUPNS 2015. Dampaknya identitas mereka sudah tersimpan di Badan Kepegawaian Nasional (BKN) tetapi tidak tercatat di pemerintah daerah. Itu membuat BKD Provinsi Jawa Tengah memanggil BKD Klaten untuk sinkronisasi data dengan pusat.

Kasubid Administrasi Umum, Dokumentasi dan Pengolahan Data BKD Klaten Tri Wiyanta menambahkan, ada beberapa penyebab para PNS tidak melakukan registrasi e-PUPNS.

Yakni dua orang belum menerima SK CPNS; satu orang mengundurkan diri sebagai PNS; 22 orang meninggal dunia; 295 orang pensiun; lima orang diberhentikan dengan hormat; empat orang diberhentikan tidak terhormat; 2 orang tidak terdaftar sebagai PNS di instansi pelapor.

“Yang belum menerima SK ternyata umurnya sudah tidak memenuhi syarat untuk pengangkatan. Lalu ada yang sudah terima SK tapi mengundurukan diri karena mendapat pekerjaan lain di instansi swasta dan lainnya,” beber Tri.

Apakah mereka tetap menerima gaji layaknya PNS aktif? Tri menegaskan, nama PNS misterius tidak ada dalam pendataan BKD Klaten dan tidak menerima gaji. Teknis penggajian dilakukan setelah BKD melakukan koordinasi dengan Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD).

Dengan koordinasi tersebut, imbuh dia, ketika diketahui ada PNS yang sudah meninggal, pensiun atau lainnya langsung dicoret. Sehingga pemerintah tidak mengeluarkan dana untuk gaji. “Memang di database BKN masih ada (nama PNS misterius, Red) tetapi di BKD sudah dihapus,” tegas Tri.

Kepala Bidang Pengembangan Pegawai BKD Klaten Slamet menuturkan, PUPNS diajukan sejak setahun terakhir untuk mendata ulang seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN). Dari hasil pendataan, jumlah PNS Pemkab Klaten sekitar 13.400 orang. (ren/wa)