Harga Gula Semakin Melonjak

459
Harga Gula Semakin Melonjak
Harga Gula Semakin Melonjak

SEMARANG – Mendekati bulan Ramadan, harga gula semakin melonjak. Dari pengamatan Koran ini, sebelumnya, gula pasir dijual di harga Rp 12 ribu per kilogram, sedangkan kini sudah ada di angka Rp 13.500 per kg.

Atas hal itu, PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) Persero, menggelar operasi pasar gula dengan harga Rp 12.500 per kg di sejumlah tempat. Perusahaan yang bergerak dalam industri gula serta distribusi dan perdagangan ini melakukan operasi pasar gula guna mengantisipasi melonjaknya harga gula di tingkat konsumen dalam minggu-minggu terakhir ini. “Operasi pasar ini bertujuan untuk menstabilkan harga gula yang semakin tinggi menjelang bulan Ramadan,” kata Direktur Utama PT RNI Didik Prasetyo dalam keterangan persnya, Kamis (12/5).

Didik berharap, melalui operasi pasar tersebut, masyarakat dapat memperoleh gula dengan harga yang lebih murah dan wajar. “Dengan harga gula yang stabil diharapkan harga komoditas dan produk lainnya tidak ikut merambat naik,” katanya.

Setiap menjelang bulan Ramadan, PT RNI melalui anak perusahaannya yang bergerak dalam bidang distribusi PT Rajawali Nusindo, rutin melakukan operasi pasar. “Menjelang bulan Ramadan tahun ini akan lebih ditingkatkan, mengingat harga gula semakin melonjak dan membebani masyarakat,” katanya.

Namun demikian, sejauh ini pihaknya masih fokus melakukan operasi pasar di sekitar Jabodetabek. Dalam waktu dekat, pihaknya menyusul akan melakukan operasi pasar di beberapa kota lain hingga bulan Ramadan. “Meskipun, saat ini masa giling baru akan dimulai Minggu ke-3 bulan Mei 2016, stok gula di pabrik RNI masih cukup untuk melakukan operasi pasar, namun perlu strategi yang cermat dalam mendistribusikannya agar tepat sasaran,” imbuh Didik. (amu/smu)