Bukti Kebangkitan PKI Belum Tampak

567

SEMARANG – Pernyataan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jateng yang mensinyalir ada gerakan kebangkitan eks Partai Komunis Indonesia (PKI) agaknya belum terbukti. Hasil investigasi Badan Kesatuan Bangsa, Politik, dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) menunjukkan tidak ditemukan pergerakan eks PKI di lapangan.

Kepala Badan Kesbangpolinmas Jateng Ahmad Rofai menyatakan isu bangkitnya gerakan PKI selama ini hanya ramai di media massa dan media sosial saja. ”Memang kalau versi di media sosial dan media massa, ada upaya pembangkitan PKI lewat memunculkan simbol-simbol palu-arit. Tapi agaknya itu hanya posting-an saja. Di lapangan, kami tidak menemukan adanya pergerakan,” ucapnya.

Pihaknya mengaku, sudah menggandeng aparat terkait untuk melakukan pantauan dan antisipasi pergerakan aliran radikal. Rofai mengakui, memang ada kemungkinan gerakan kelompok yang mengupayakan kebangkitan PKI. ”Tapi belum ada bukti konkret. Kami tetap melakukan antisipasi dengan terus berkoordinasi bersama aparat di masing-masing kabupaten/kota,” tambahnya.

Dia mengimbau kepada seluruh warga Jateng untuk ikut mengawasi fenomena ini. Jika melihat ada simbol-simbol palu-arit atau indikasi pergerakan PKI, bisa segera melaporkan ke pihak berwajib. ”Jangan main hakim sendiri. Laporkan ke aparat. Nanti akan ditelusuri mata rantainya,” pungkasnya.