Sudah Diakui BPPT, Dipakai Viar Motor

Sumiyanto, Lulusan SMA yang Ciptakan Komponen Penghemat BBM ”Magic Ring”

718
INOVATIF: Sumiyanto (tengah) dan komponen Magic Ring temuannya. (ISTIMEWA)
INOVATIF: Sumiyanto (tengah) dan komponen Magic Ring temuannya. (ISTIMEWA)
INOVATIF: Sumiyanto (tengah) dan komponen Magic Ring temuannya. (ISTIMEWA)

Riset mengenai penghematan bahan bakar motor (BBM) terus digencarkan. Para ilmuwan mumpuni sarat dana besar pun dilibatkan dalam proyek ini. Tapi tidak bagi Sumiyanto. Ia melahirkan inovasi untuk penghemat BBM berlabel Magic Ring. Seperti apa?

AJIE MAHENDRA

USAHA Sumiyanto menciptakan Magic Ring, jauh dari sebutan riset dan dana seabrek. Meski simpel, komponen buatannya itu mampu menghemat konsumsi BBM kendaraan bermotor hingga 40 persen. Bahkan mampu membuat dapur pacu motor lebih bertenaga dan mampu mendinginkan mesin motor dalam hitungan detik.

Peranti yang berbentuk ring dengan brand Sumitech ini pun tergolong gampang diaplikasikan. Hanya dipasang di knalpot motor saja. Alat ini sudah bekerja dengan sendirinya. Desainnya pun sengaja dirancang kompatibel untuk semua jenis knalpot motor.

Warga RT 05 RW 06 Gagak Sipat, Ngemplak, Boyolali ini menjelaskan, cara kerja alat inovasi ini adalah dengan memanfaatkan gas aktif lewat knalpot yang biasanya terbuang sia-sia. Artinya, gas aktif yang seharusnya terbuang keluar akan kembali menuju ruang bakar kembali. Sehingga campuran di ruang bakar ini menjadi rata atau homogen.

”Magic Ring akan akan mendayagunakan uap BBM secara optimal ketika mesin dalam kondisi overlapping. Power dan akselerasi mesin akan bertambah. Asumsinya gas yang sama sebelum pakai Magic Ring larinya 80 km/jam, bisa menjadi 100 km/jam.