Dinhubkominfo Sasaran Perampingan Pertama

404

masruhan

”Sebaiknya, birokrasi ini bisa meniru sistem perusahaan swasta. Jumlah pekerjanya sedikit, tapi kinerjanya optimal.”

Masruhan Samsurie, Ketua Komisi A DPRD Jateng

SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berencana merampingkan Satuan Organisasi dan Tata Kerja (STOK) Untuk efisiensi birokrasi. Saat ini, proses tersebut masih menunggu hasil kajian dari akademik.

Sembari menunggu hasil kajian, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo mengaku tengah berkomunikasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) serta berdiskusi dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Dikatakan Ganjar, ada beberapa biro dan Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) yang bisa digabung dan disesuaikan agar bisa fit atau sama dengan UU Pemerintah Daerah yang baru terkait dengan kewenangannya.

”Ketika Menteri PAN-RB ngomong SOTK Pemprov Jateng terlalu gemuk itu menjadi momentum. Sebenarnya ada beberapa SOTK kita yang bisa di-merger dan kalau diberi kesempatan cepat-cepat kami rombak sehingga bisa lebih fit,” ujarnya.

Mengenai biro dan SKPD apa saja yang dirampingkan, Ganjar belum bisa memastikan. Malah ada yang dipisah. Seperti Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dinhubkominfo). ”Nanti Dishub sendiri, Kominfo sendiri. Kalau tidak dipisah, Kominfonya tidak bisa bekerja optimal,” bebernya.