Antisipasi Sabotase, Polisi Cek Rel KA

Must Read

Makan Menko

Pak Jaya Suprana menghubungi saya. Paguyuban Punokawan akan audensi dengan Menko Polhukam, Prof. Dr. Mahfud MD. Tapi saya lagi di...

Sepanjang Tahun 2019 Ada 1.576 Calon Janda Baru di Kajen

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sepanjang tahun 2019 hingga bulan Desember kemarin, tercatat Pengadilan Agama Kajen sebanyak 1.576 terjadi kasus gugat...

Langkah Kecil

Mereka baru sebulan kuliah di mancanegara. Di Zhejiang University of Technology. Tiga wanita berjilbab itu. Tiga lagi laki-laki --satu...

SEMARANG Kepolisian mendorong PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk segera mendirikan pos penjagaan di setiap perlintasan rel KA tanpa palang pintu. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya laka lantas terhadap pengguna jalan selama arus mudik dan balik Lebaran mendatang.

”Ini untuk mengantisipasi adanya gangguan keamanan di jalur kereta api selama arus mudik dan balik Lebaran tahun ini,” ungkap Kapolsek Semarang Barat Kompol Ariyanto Salkery di sela pengecekan perlintasan KA di wilayah hukum Polsek Semarang Barat, Senin (29/5) kemarin.

Dikatakan, menjelang arus mudik Lebaran ini, pihaknya telah melakukan pengecekan kondisi rel KA, termasuk sejumlah perlintasan yang berada di wilayah hukumnya. Setidaknya di Semarang Barat terdapat tiga perlintasan KA, salah satu di antaranya tidak ada palang pintunya.

”Dua perlintasan ada palang pintunya, yakni di Krobokan dan Tawangmas. Satunya di Hanoman tidak ada palang resminya. Di sana palangnya hanya dibuat seadanya oleh warga sekitar,” terangnya.

Salkery mengaku telah berkoordinasi dengan PT KAI, dan mengusulkan agar perlintasan sebidang tanpa palang pintu untuk didirikan pos penjagaan. ”Kemarin kami sudah rapat. Untuk pembuatan palang pintu perlintasan itu tanggung jawab pemerintah daerah. Namun kepada PT KAI, saya menyarankan agar membuat pos penjagaan di perlintasan sebidang yang tidak ada palang pintunya,” ujarnya.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat tetap memperhatikan rambu-rambu yang terpasang di perlintasan KA. Masyarakat juga diharapkan tidak nekat menerobos perlintasan kereta api baik yang tanpa palang pintu, maupun berpalang pintu. ”Dipastikan sudah aman dulu, baru melintas. Sehingga tidak terjadi kecelakaan lalu lintas pada perlintasan sebidang,” tegasnya.

Kapolsek menambahkan, pengecekan rel KA yang dilakukan merupakan langkah dini untuk mendeteksi adanya sabotase atau hal yang lain, yang mengganggu kenyaman dan keamanan masyarakat. Menurutnya, jalur KA di wilayah hukumnya sangat padat, apalagi selama arus mudik dan balik Lebaran mendatang.

Dikatakan, saat melakukan penyisiran di jalur rel, pihaknya tidak menemukan barang mencurigakan. Ia sendiri akan rutin melakukan pengecekan hingga arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

”Bantalan rel bagus, tidak menemukan barang berbahaya di atas rel seperti paku, kayu balok dan batu. Hingga saat ini aman terkendali. Kita akan lakukan rutin, tahap pengecekan selanjutnya kami akan bekerja sama dengan PT Kereta Api Daop VI Semarang,” katanya.

Sebelumnya, Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan personel untuk antisipasi daerah rawan, baik rawan karena alam maupun non-alam. ”Stasiun besar yang menerima penumpang pada masa angkutan Lebaran tahun ini juga sudah siap. Namun kita harus waspada dan melakukan langkah antisipasi gangguan perjalanan KA yang bersifat dari alam,” katanya.

Terkait kecelakaan yang kerap terjadi di perlintasan sebidang tidak resmi dan tanpa palang pintu, lanjut dia, Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perkeretaapian akan menutup semua perlintasan sebidang tersebut. Sebab, banyak perlintasan sebidang yang dibuat sendiri oleh masyarakat yang tidak diketahui oleh pemkab dan PT KAI.

”Setiap tahun perlintasan sebidang liar terus bertambah dan tak terhitung, karena masyarakat sendiri yang membuat atas kehendaknya sendiri. Akan segera kami tutup,” tambah  Direktur Keselamatan Dirjen Perkeretaapian, Edi Nursalam. (mha/den/aro/ce1)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Latest News

Makan Menko

Pak Jaya Suprana menghubungi saya. Paguyuban Punokawan akan audensi dengan Menko Polhukam, Prof. Dr. Mahfud MD. Tapi saya lagi di...

Sepanjang Tahun 2019 Ada 1.576 Calon Janda Baru di Kajen

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sepanjang tahun 2019 hingga bulan Desember kemarin, tercatat Pengadilan Agama Kajen sebanyak 1.576 terjadi kasus gugat cerai. Hal itu disampaikan oleh...

Langkah Kecil

Mereka baru sebulan kuliah di mancanegara. Di Zhejiang University of Technology. Tiga wanita berjilbab itu. Tiga lagi laki-laki --satu anak kiai, satu lagi anak...

Neo Mustaqbal

Sejarah dunia akan dibuat oleh Arab Saudi. Sejarah pertama: Aramco akan go public --dengan nilai yang belum ada duanya di dunia: Rp 28.000.000.000.000.000. Kedua: hasil IPO itu akan...

Rumah Kita

Kaget-kaget senang: Indonesia resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Tahun 2021. Sepak bola Indonesia diakui dunia. Prestasi Presiden Joko ”Jokowi” Widodo kelihatan nyata...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -