Wajib Servis Total Sebelum Mudik

Must Read

Makan Menko

Pak Jaya Suprana menghubungi saya. Paguyuban Punokawan akan audensi dengan Menko Polhukam, Prof. Dr. Mahfud MD. Tapi saya lagi di...

Sepanjang Tahun 2019 Ada 1.576 Calon Janda Baru di Kajen

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sepanjang tahun 2019 hingga bulan Desember kemarin, tercatat Pengadilan Agama Kajen sebanyak 1.576 terjadi kasus gugat...

Langkah Kecil

Mereka baru sebulan kuliah di mancanegara. Di Zhejiang University of Technology. Tiga wanita berjilbab itu. Tiga lagi laki-laki --satu...

MESIN panas hingga mogok di jalan, masalah kelistrikan seperti lampu utama atau seins mati, hingga rem macet menjadi beberapa masalah yang sering terjadi ketika para pemudik tidak menyiapkan kendaraan yang prima ketika berjalan jauh atau pergi ke kampung halaman.

Merayakan Lebaran di kampung halaman (mudik) sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia. Dan mayoritas lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi, karena dianggap lebih murah dan praktis. Hanya saja, kendaraan harus dipastikan dalam kondisi prima, baik mesin maupun fungsi perlengkapan lain.

Kondisi lalu lintas yang padat merayap saat mudik memang tidak bisa terhindarkan. Beberapa titik strategis, utamanya area perbatasan menjadi titik kemacetan karena merupakan pertemuan kendaraan dari segala penjuru. Nah, yang perlu diwaspadai adalah masalah overheat mesin.

“Hal ini dikarenakan kipas dari radiator mati, atau motor(dinamo) kipas mengalami masalah, selain itu masalah kelistrikan, dan kampas rem yang cepat panas hingga menyebabkan nge-lock atau macet,” kata Budi Suminarto, Owner Plat H Auto Station yang beralamat di Jalan Pamularsih Raya No 46 Semarang.

Perawatan mobil sebelum mudik wajib dilakukan dua minggu sebelumnya. Hal ini untuk meminimalisir kendala sejak dini. Minimal dilakukan pengecekan mesin, kaki-kai, lampu, rem, oli dan air radiator.

“Garis besarnya, ada 5 item yang harus diperhatikan pada mobil yakni pengecekan mesin, rem dan kaki-kaki, oli, radiator dan kelistrikan,” tegasnya.

Pastikan oli mesin diganti secara rutin. Usia oli mesin sendiri mencapai 5.000 kilometer, jika sudah mencapai angka tersebut lebih baik oli mesin diganti agar mesin tidak cepat panas saat berjalan jauh.

“Pada mesin harus diservis, atau di tune up akan kembali ke standar. Kebocoran oli pun harus dideteksi secara dini karena akan mengakibatkan mobil mogok,” ungkapnya.

Selain oli mesin, oli transmisi dan oli gardan pun tak boleh luput dari perhatian, termasuk oli rem dan sistem pengeremannya yakni ketebalan kampas rem yang bisa mempengaruhi daya pengereman mobil.

“Kebocoran oli harus segera ditangani dengan mengecek kabel, ketinggian oli seal roda rem dan master rem. Jika bocor sistem pengereman tidak akan berjalan dengan baik hingga menyebabkan rem blong,” bebernya.

Pengecekan air radiator pun menjadi hal yang vital, pasalnya radiator punya fungsi sebagai pendingin mesin. Radiator sendiri terbagi menjadi dua jenis yakni elektrikan dan non elektrikal atau konvensional yang mempunyai sistem kerja yang berbeda, jika non elektrikan bekerja jika mesin dalam kondisi panas dan langsung mendinginkan, sementara elektrikal bekerja saat mesin mulai dinyalakan.

“Kipas radiator harus dicek, jalan atau enggak. Jangan lupa ketinggian air radiator, kalau kipas tidak bisa berkerja dengan baik akan membuat mesin overheat dan lebih baik melakukan pergantian pada dinamonya,” ucapnya.

Setelah bagian mesin dicek, lanjut kebagian kelisrikan, seperti pengecekan lampu depan, lampu rem dan lampu sains atau lampu belok. Wiper pun harus dicek untuk mengantisipasi saat turun hujan lebat dikala mudik, dan yang terakhir adalah tekanan ban.

“Untuk jarak jauh, tekanan ban minimal dibuat dengan tekanan udara 30 – 35, agar saat berjalan jauh ban tidak gampang meletus,” katanya.

Kalau semua dilaksanakan, mudik ke kampung halaman akan berjalan aman tanpa kendala sedikitpun. Namun tetap kembali lagi, jangan lupa berdoa kepada Tuhan agar diberi kelancaran dan keselamatan. (den/zal)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Latest News

Makan Menko

Pak Jaya Suprana menghubungi saya. Paguyuban Punokawan akan audensi dengan Menko Polhukam, Prof. Dr. Mahfud MD. Tapi saya lagi di...

Sepanjang Tahun 2019 Ada 1.576 Calon Janda Baru di Kajen

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sepanjang tahun 2019 hingga bulan Desember kemarin, tercatat Pengadilan Agama Kajen sebanyak 1.576 terjadi kasus gugat cerai. Hal itu disampaikan oleh...

Langkah Kecil

Mereka baru sebulan kuliah di mancanegara. Di Zhejiang University of Technology. Tiga wanita berjilbab itu. Tiga lagi laki-laki --satu anak kiai, satu lagi anak...

Neo Mustaqbal

Sejarah dunia akan dibuat oleh Arab Saudi. Sejarah pertama: Aramco akan go public --dengan nilai yang belum ada duanya di dunia: Rp 28.000.000.000.000.000. Kedua: hasil IPO itu akan...

Rumah Kita

Kaget-kaget senang: Indonesia resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Tahun 2021. Sepak bola Indonesia diakui dunia. Prestasi Presiden Joko ”Jokowi” Widodo kelihatan nyata...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -