Lintasan Kereta Api Mulai Diamankan

Must Read

Makan Menko

Pak Jaya Suprana menghubungi saya. Paguyuban Punokawan akan audensi dengan Menko Polhukam, Prof. Dr. Mahfud MD. Tapi saya lagi di...

Sepanjang Tahun 2019 Ada 1.576 Calon Janda Baru di Kajen

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sepanjang tahun 2019 hingga bulan Desember kemarin, tercatat Pengadilan Agama Kajen sebanyak 1.576 terjadi kasus gugat...

Langkah Kecil

Mereka baru sebulan kuliah di mancanegara. Di Zhejiang University of Technology. Tiga wanita berjilbab itu. Tiga lagi laki-laki --satu...

BATANG–Menjelang musim mudik dan lebaran, perlintasan kereta api di Kabupaten Batang mendapatkan perhatian serius. Terutama perlintasan tanpa palang pintu, untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Kasat Lantas Polres Batang, AKP Adiel Aristo, mengatakan, pihaknya mengantisipasi sejak dini berbagai ruas jalan menjelang Lebaran. Salah satu upaya yang dilakukan Satlantas Polres Batang adalah memasang tali kejut.

Berupa tali tambang besar yang dipasang di jalur yang melintasi rel kereta api yang belum ada palang pintu. Tambang kejut tersebut difungsikan seperti polisi tidur dan merupakan penanda darurat, sehingga saat dilewati kendaraan agar sejenak berhenti dan waspada. Mengingatkan pengendara tetap waspada saat akan melintasi perlintasan kereta api khususnya yang tidak berpalang pintu.

“Perlintasan tanpa palang pintu pengaman, kami prioritaskan untuk dipasang tali kejut. Terbuat dari tali tambang besar yang dipasang melintang jalan gunanya untuk mengurangi laju kendaraan saat akan melintas di perlintasan rel kereta api,” kata Adiel, Rabu (7/6) kemarin.

Di wilayah Kabupaten Batang sendiri, saat ini ada empat lokasi perlintasan kereta api tak berpalang pintu. Antara lain di Jalan Raya Desa Kedungsegog, Sengon, Kuripan dan Kebondalem.

“Palang pintu tetap dibutuhkan, tali kejut itu hanya penanda darurat saja. Kami berharap ada perhatian dari pemerintah untuk segera memasang palang pintu di perlintasan yang belum berpalang,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Batang Wahyu mengungkapkan bahwa di Batang sendiri total ada 17 perlintasan kereta api, namun hanya 9 yang dikelola Dishub, sebagian langsung dikelola PT KAI dan sisanya tanpa palang pintu.

“Dari 17 perlintasan, ada 5 titik tanpa palang pintu dan tanpa penjagaan. Walaupun kini arus lalulintasnya masih rendah, namun saat musim Lebaran tetap harus dijaga, karena untuk lalu lalang warga,” ucap Wahyu.

Lebih lanjut diterangkan, untuk perlintasan yang dikelola PT KAI berada di Jalan Sultan Agung, Sambong, palang pintu manual dan dijaga. Serta dua di perlintasan Krengseng Barat dan Timur di Kecamatan Gringsing dengan palang pintu otomatis.

Sedangkan untuk palang pintu otomatis ini yang dikelola Pemkab Batang /Dishub antara lain perlintasan Lenjen Suprapto dekat GOR, Den Asri Kulon, Perlintasan Yos Sudarso, perlintasan RE Martadinata, perlintasan Desa Juragan dan perlintasan Ujung Negoro.

Kemudian untuk palang pintu manual yang dikelola Pemkab, antara lain perlintasan Letjend S Parman, Jalan Kyai Atas Angin Tampangsono dan perlintasan jalan Belakang Pasar Batang.

“Tahun ini, Pemkab Batang akan mendapatkan bantuan berupa pembangunan 3 perlintasan otomatis bantuan dari Balai Perkeretaapian Pusat. Yang akan dipasang di Kebondalem Gringsing yang masih kosong tanpa perlintasan, di Letjen S Parman Kalisari dan belakang pasar Batang,” tandasnya. (han/ida)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Latest News

Makan Menko

Pak Jaya Suprana menghubungi saya. Paguyuban Punokawan akan audensi dengan Menko Polhukam, Prof. Dr. Mahfud MD. Tapi saya lagi di...

Sepanjang Tahun 2019 Ada 1.576 Calon Janda Baru di Kajen

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sepanjang tahun 2019 hingga bulan Desember kemarin, tercatat Pengadilan Agama Kajen sebanyak 1.576 terjadi kasus gugat cerai. Hal itu disampaikan oleh...

Langkah Kecil

Mereka baru sebulan kuliah di mancanegara. Di Zhejiang University of Technology. Tiga wanita berjilbab itu. Tiga lagi laki-laki --satu anak kiai, satu lagi anak...

Neo Mustaqbal

Sejarah dunia akan dibuat oleh Arab Saudi. Sejarah pertama: Aramco akan go public --dengan nilai yang belum ada duanya di dunia: Rp 28.000.000.000.000.000. Kedua: hasil IPO itu akan...

Rumah Kita

Kaget-kaget senang: Indonesia resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Tahun 2021. Sepak bola Indonesia diakui dunia. Prestasi Presiden Joko ”Jokowi” Widodo kelihatan nyata...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -