Dorong Maksimalkan Layanan Dinas PMPTSP

Must Read

Makan Menko

Pak Jaya Suprana menghubungi saya. Paguyuban Punokawan akan audensi dengan Menko Polhukam, Prof. Dr. Mahfud MD. Tapi saya lagi di...

Sepanjang Tahun 2019 Ada 1.576 Calon Janda Baru di Kajen

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sepanjang tahun 2019 hingga bulan Desember kemarin, tercatat Pengadilan Agama Kajen sebanyak 1.576 terjadi kasus gugat...

Langkah Kecil

Mereka baru sebulan kuliah di mancanegara. Di Zhejiang University of Technology. Tiga wanita berjilbab itu. Tiga lagi laki-laki --satu...

LAMPUNG-Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kabupaten Batang ke depan akan dimaksimalkan pelayanannya. Yakni, dengan memasukkan semua unsur dinas terkait agar berkantor di lokasi yang sama. Sehingga pemohon perizinan, tidak perlu repot bolak-balik ke berbagai dinas untuk mengurus izin.

“Ke depan, kami ingin layanan seperti di Dinas PMPTSP Kota Metro, Provinsi Lampung ini untuk diadaptasi ke Batang. Salah satunya dengan masuknya semua dinas dalam satu lokasi perizinan,” ujar Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Batang, H Purwanto, saat kunjungan kerja di salah satu kota di semenanjung Sumatera tersebut, Selasa (13/6) kemarin.

Dengan memasukkan seluruh unsur dinas terkait di satu lokasi, akan mempermudah pemohon perizinan. Sehingga pemohon tidak harus pergi ke berbagai dinas terkait, tanpa harus keluar tempat.

“Dengan satu lokasi, meminimalisasi kesalahan dalam memberikan perizinan. Selain itu, antara dinas terkait bisa kompak. Karena dekat, tidak mungkin saling klaim kurang syarat,” jelasnya.

Namun, kata Purwanto, hal tersebut bisa terjadi jika rekomendasi dari DPRD Batang bisa diterima dan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang. “Kami berharap banyak, agar hal itu dilakukan, demi kebaikan pelayanan di Batang,” tandasnya.

Terlebih saat ini, Kabupaten Batang sedang ramai dengan berbagai proyek nasional, seperti tol dan PLTU terbesar se-Asia Tenggara. Dipastikan, akan banyak perizinan masuk. Karena itu, perlu dilakukan perluasan perizinan yang tepat dan baik.

Dalam kunjungan kerja tersebut, selain Ketua Komisi A, H Purwanto, juga hadir seluruh anggota komisi yang terdiri atas Wakil Ketua Komisi A Fatkhurrohman dari Fraksi PKB, Junaenah dari Fraksi PDIP, Istikhanah dari Fraksi Golkar, Tuhlan dari Fraksi Demokrat, Purwandi dari Fraksi PKB (Nasdem), Triyanto dari Fraksi Gerindra, M Imanullah dari Fraksi PPP dan I’anatul Fikriya dari PKB.

Rombongan yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Batang, H Nur Untung Slamet tersebut, saling memperkenalkan diri dengan Pemkab Metro. Kebetulan rombongan diterima langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Metro, A Nasir, Sekertaris Dinas  PMPTSP Kota Metro, Syufni Hitam serta jajarannya.

Perlu diketahui bahwa Kota Metro banyak mendapatkan penghargaan tingkat nasional. Seperti Pelayanan Publik untuk RSUD Ahmad Yani Metro yang memperoleh nilai A, Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu juga memperoleh nilai A, terakhir Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil memperoleh nilai B.

Sekda A Nasir dalam kesempatan tersebut mengungkapkan bahwa kotanya bisa mendapatkan penghargaan terbaik dengan nilai A terkait layanan di Dinas PMPTSP dari Kementerian PAN tersebut pada tahun 2017 ini, melalui proses yang cukup panjang.

“Sebelum bisa seperti sekarang, banyak proses yang kami lalui. Kami terus terang, berawal dari meminta bantuan langsung dari KemenPAN memlalui Ombudsman, untuk memperbaiki layanan jasa di kota kami,” ujarnya.

Dijelaskan A Nasir, Metro sendiri akan bertransformasi menjadi Smart City. Karena dengan teknologi, layanan akan semakin mudah diberikan. Sehingga ke depan dapat memberikan nilai lebih dalam bidang pelayanan di Kota Metro.

Ditambahkan Sekertaris Dinas PMPTSP Kota Metro Syufni Haita, sejak didirikan tahun 2002, lembaganya dulu masih berupa unit layanan, berkembang menjadi kantor dan terakhir tahun 2017 resmi menjadi dinas sendiri. “Kami bisa menjadi terbaik, karena bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi)-nya dan tepat. Dan yang utama karena transparan dalam pelayanan,” ujarnya.

Tidak hanya dalam sisi layanan yang terbaik, secara pendapatan daerah juga meningkat pesat. Sejak 2012 hingga 2016, dinas tersebut selalu melebihi target yang dibebankan. Terakhir pada tahun 2016 ditarget sebesar Rp 1.741.000.000 realisasinya Rp 2 miliar lebih. (han/adv/ida)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Latest News

Makan Menko

Pak Jaya Suprana menghubungi saya. Paguyuban Punokawan akan audensi dengan Menko Polhukam, Prof. Dr. Mahfud MD. Tapi saya lagi di...

Sepanjang Tahun 2019 Ada 1.576 Calon Janda Baru di Kajen

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sepanjang tahun 2019 hingga bulan Desember kemarin, tercatat Pengadilan Agama Kajen sebanyak 1.576 terjadi kasus gugat cerai. Hal itu disampaikan oleh...

Langkah Kecil

Mereka baru sebulan kuliah di mancanegara. Di Zhejiang University of Technology. Tiga wanita berjilbab itu. Tiga lagi laki-laki --satu anak kiai, satu lagi anak...

Neo Mustaqbal

Sejarah dunia akan dibuat oleh Arab Saudi. Sejarah pertama: Aramco akan go public --dengan nilai yang belum ada duanya di dunia: Rp 28.000.000.000.000.000. Kedua: hasil IPO itu akan...

Rumah Kita

Kaget-kaget senang: Indonesia resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Tahun 2021. Sepak bola Indonesia diakui dunia. Prestasi Presiden Joko ”Jokowi” Widodo kelihatan nyata...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -