Gubernur Borong Sarung Batik Pekalongan

Must Read

Makan Menko

Pak Jaya Suprana menghubungi saya. Paguyuban Punokawan akan audensi dengan Menko Polhukam, Prof. Dr. Mahfud MD. Tapi saya lagi di...

Sepanjang Tahun 2019 Ada 1.576 Calon Janda Baru di Kajen

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sepanjang tahun 2019 hingga bulan Desember kemarin, tercatat Pengadilan Agama Kajen sebanyak 1.576 terjadi kasus gugat...

Langkah Kecil

Mereka baru sebulan kuliah di mancanegara. Di Zhejiang University of Technology. Tiga wanita berjilbab itu. Tiga lagi laki-laki --satu...

PEKALONGAN – Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo memborong batik di beberapa kios International Batik Center (IBC) Kabupaten Pekalongan, Rabu (14/6/2017).

Kedatangan gubernur di sentra batik tersebut langsung disambut Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi. Merka kemudian menyusuri IBC untuk melihat koleksi batik yang ditawarkan.

Ketika melintas di depan kios Zilla Collection di Blok J, Ganjar kepincut dengan sarung batik yang terpampang. Akhirnya 20 buah atau satu kodi sarung batik dibelinya. Satu sarungnya dihargai Rp125 ribu. “Ini harga spesial untuk pak gub, biasanya kami jual Rp 150 ribu,” kata pedagang.

Gubernur bermabut putih itu tidak tertarik dengan penawaran spesial sang pedagang. “Ora usah (tidak perlu) spesial-spesial, sing penting njenengan bathi (yang penting kamu untung,” sahut Ganjar.

Kemudian giliran Kios Batik Berkah di blok K. Di sana gubernur membeli lebih banyak. Sebanyak dua kodi atau 40 buah sarung batik seharga satuan Rp 40 ribu. Ganjar juga membeli sarung batik di Kios All Sultan yang ada di Blok K. Harga satuannya Rp 85 ribu.

“Saya tertarik ini sarung batik pondok pesantren katanya, saya beli agak banyak untuk nanti dibagi kalau ke pondok atau panti asuhan,” kata Ganjar.

Tempat terakhir adalah Xoxa Batik di Blok O. Dua sarung batik seharga masing-masing Rp 175 ribu dan satu seharga Rp 375 ribu diambilnya. Sepertinya yang ini untuk koleksi pribadi gubernur.

Ganjar mampir ke IBC dalam rangka kunjungan kerja di Kabupaten Pekalongan. Dia berharap, pasar batik yang diresmikan tahun 2012 lalu itu mampu menjadi pusat mode batik di Jateng.

Pada kesempatan itu, gubernur juga mengapresiasi pihak IBC yang berencana menyediakan fasilitas rest area saat arus mudik Lebaran mendatang. “Rest area di IBC ini ide brilian. Untuk lebih menarik bisa juga disediakan minuman, kolak, atau takjil di bagian depan dan belakang IBC. Sehingga pemudik bisa berkeliling,” katanya.

Sementara itu salah seorang pedagang batik, Abdur menyambut baik adanya rest area di IBC. Menurutnya selain para pemudik bisa beristirahat setelah menempuh perjalanan jauh menuju kampung halaman, mereka berkesempatan jalan-jalan keliling dan berbelanja batik.

“Menjelang lebaran seperti sekarang omset penjualan batik meningkat. Jika di bagian depan ada rest area, itu akan lebih meningkatkan penjualan karena banyak pemudik dari berbagai daerah bisa mampir dan berbelanja batik di sini,” ucapnya.

Dari IBC, Ganjar mengunjungi Panti Asuhan Darul Maitan Al Maktab di Desa Simbang Kulon, Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan. Gubernur memberi bantuan uang pembinaan dan alat elektronik. (amh)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Latest News

Makan Menko

Pak Jaya Suprana menghubungi saya. Paguyuban Punokawan akan audensi dengan Menko Polhukam, Prof. Dr. Mahfud MD. Tapi saya lagi di...

Sepanjang Tahun 2019 Ada 1.576 Calon Janda Baru di Kajen

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sepanjang tahun 2019 hingga bulan Desember kemarin, tercatat Pengadilan Agama Kajen sebanyak 1.576 terjadi kasus gugat cerai. Hal itu disampaikan oleh...

Langkah Kecil

Mereka baru sebulan kuliah di mancanegara. Di Zhejiang University of Technology. Tiga wanita berjilbab itu. Tiga lagi laki-laki --satu anak kiai, satu lagi anak...

Neo Mustaqbal

Sejarah dunia akan dibuat oleh Arab Saudi. Sejarah pertama: Aramco akan go public --dengan nilai yang belum ada duanya di dunia: Rp 28.000.000.000.000.000. Kedua: hasil IPO itu akan...

Rumah Kita

Kaget-kaget senang: Indonesia resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Tahun 2021. Sepak bola Indonesia diakui dunia. Prestasi Presiden Joko ”Jokowi” Widodo kelihatan nyata...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -