Raih Prestasi Berkat Piano

1000
Miktami Christofen Tang (DOKUMEN PRIBADI).
Miktami Christofen Tang (DOKUMEN PRIBADI).

MIKTAMI Christofen Tang, mahasiswi Seni Musik Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga belajar  piano sejak berumur 5 tahun. Puluhan prestasi telah diraih, mulai tingkat lokal, nasional hingga internasional. Keberhasilan gadis 22 tahun ini di dunia musik tidak lepas dari peran orang tuanya yang mengarahkannya sejak kecil.

“Sejak kecil saya sudah dikenalkan dengan musik oleh orang tua, khususnya piano. Orang tua saya juga mengajarkan saya tentang disiplin waktu dalam berlatih dan menghargai hal-hal kecil. Jadi, bekal orang tualah yang saya pegang hingga sampai saat ini,”ujar Tami –sapaan akrabnya–kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Gadis yang pernah menjadi salah satu peserta program East Asia Student Encounter (EASE) di Jepang ini memiliki sentuhan klasik yang menjadi poin utama permainannya.  “Saya belajar sebagai penyaji, khususnya musik klasik. sehingga saya dituntut memiliki selera bagus untuk permainanya sebagai suguhan performa-nya di atas panggung,”katanya

Lulusan diploma Associate of The Royal Schools of Music (ABRSM) Indonesia  ini juga aktif  sebagai pengiring Voice of Satya Wacana pada 2014. Dengan kemampuanya bermain piano itu, ia berkesempatan  keliling daerah di Indonesia untuk mengikuti sejumlah festival, bintang tamu, bahkan sebagai juri.

Pada 2017 ini, Tami merupakan satu-satunya wakil Indonesia yang terlibat dalam pergelaran Singapore International Piano Competition dan berhasil menyabet penghargaan sebagai juara III. “Bangga menjadi salah satu peserta dalam kompetisi tersebut. Saya tidak menyangka bisa mendapat Juara III karena melihat jurinya berasal  dari Amerika, Singapura dan negara lainnya,” ujarnya. (mg48/aro)