Ratusan Mahasiswa Tulis 1.000 Nama Dalam Aksara Jawa

1462
JADI SPOT SELFIE : Dua orang mahasiswa sibuk melakukan selfie dengan latar belakang 1.000 nama aksara Jawa (IST).
JADI SPOT SELFIE : Dua orang mahasiswa sibuk melakukan selfie dengan latar belakang 1.000 nama aksara Jawa (IST).

SEMARANG – Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah (PBSD) Universitas PGRI Semarang (Upgris), menggelar peringatan hari aksara internasional 2017 di halaman gedung utama Upgris, Kamis (21/9). Sekitar 500 mahasiswa dilibatkan dalam kegiatan menulis 1.000 nama dengan menggunakan akasara Jawa.

Ketua program studi PBSD Upgris Alfiah mengatakan, kegiatan menulis 1.000 nama dengan aksara Jawa, ini selain untuk memperingati hari aksara juga sebagai upaya untuk melestarikan aksara Jawa yang saat ini jarang dipakai generasi muda pakai.

“Kami terus berusaha melakukan inovasi agar identitas seni dan budaya Jawa termasuk aksara Jawa tetap lestari,” tuturnya.

Kegiatan tersebut, lanjut dia bertujuan untuk mengenalkan kepada para siswa dan mahasiswa  serta masyarakat umum agar melek aksara Jawa.”Harapan kami, mahasiswa bisa menjadi penerus dan mengenalkan, mengajarkannya kepada generasi muda lainnya,” imbuhnya.

Sementara itu duta bahasa Jawa Tengah Akbar Aminudin, menambahkan jika anak bangsa sangat penting untuk belajar bahasa daerah atau Jawa, pasalnya jika tidak disosialiaskan dan pelajari dikhawatirkan kekayaan lokal berupa bahasa daerah bisa hilang ditelan zaman.  “Harapannya bahasa Jawa atau aksara Jawa tetap lestari dan bisa mendunia,” katanya. Dalam acara tersebut juga dilakukan launching majalah Pratnapaya. (den/zal)