SEMARANG– Kerap menjuarai berbagai ajang lomba tingkat kabupaten  dan provinsi, SD Negeri 2 Pegulon Kendal percaya diri mengikuti semua kategori dalam  kompetisi sekolah antar SD/MI yang diselenggarakan oleh Jawa Pos Radar Semarang bekerjasama dengan Pemkab Kendal.

“Sekolah ini mempunyai semua  modal  yang dibutuhkan untuk  memenangkan lomba,  kami punya sederet  prestasi dalam seni budaya, prestasi olahraga, prestasi akademik dan predikat sebagai sekolah bersih dan sehat,” bebernya.

Dalam prestasi akademiK SDN 2 Pegulon Kendal punya sederet presta yakni juara 1 lomba OSN tingkat kabupaten tahun 2017, lomba matematika tingkat kabupaten tahun 2017, lomba PAIS juara 1 tingkat Kabupaten. “Baru-baru ini kita meraih juara 2 LCC tingkat Kabupaten Kendal,“ ujarnya.

Selain itu, SDN 2 Pegulon  Kendal juga kerap menorehkan prestasi  dalam taekwondo diantaranya juara 1 kelas 39 kg dan juara 2 kelas 31 kg  tekwondo Bupati Cup, Juara 1 taekwondo tingkat Kabupaten, juara 2 kelas 43 kg dan juara 2 kleas 32 kg Kapolres CUP 2017.

“Tidak hanya itu, selama dua tahun berturut-turut  kita juga berhasil meraih predikat sebagai juara 1 sebagai sekolah sehat  tingkat kabupaten tahun 2016 dan 2017. Bahkan, sebelumnya di tahun 2015 kami juara 2 kantin sehat se Jawa Tengah,” ungkapnya.

Kepala SDN 2 Pegulon Suratmi mengatakan, keberhasilan yang telah diraih tidak terlepas dari pendidikan akademik maupun non akademik yang diberikan di sekolah.

”SDN 2 Pegulon menanamkan pendidikan karakter  sejak dini kepada semua siswa  setiap hari.  Kami termasuk sekolah rujukan dan  SD Piloting penguatan pendidikan karakter,” tuturnya.

Dikatakanya setiap hari anak-anak dibiasakan untuk salat duha, salat berjamaah, membawa bekal makanan sehat, anak-anak juga diajari untuk peduli terhadap sesama melalui kegiatan bakti sosial ke panti asuhan. “Kebiasaan  yang dilakukan sehari-hari akan membentuk  karakter  anak-anak, “ katanya.

Selain itu prestasi yang telah diraih oleh sekolah tidak dapat dipisahkan  dari peran guru serta komite sekolah yang telah memberikan perhatian  dan dukungan dalam  membimbing anak-anaknya. “Peran komite ini sangat penting dalam rangka  mendukung sekolah bersama-sama  mengatasi kendala-kendala yang  ada,“ pungkasnya. (zen/zal)