Jangan Panik Hadapi Kebakaran

572
PADAMKAN API: Guru dan siswa SDIT Izzatul Islam Getasan dilatih memadamkan tabung elpiji yang terbakar (IST).
PADAMKAN API: Guru dan siswa SDIT Izzatul Islam Getasan dilatih memadamkan tabung elpiji yang terbakar (IST).

GETASAN – SDIT Izzatul Islam Getasan bekerja sama dengan petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Semarang wilayah Kecamatan Tengaran, Senin (25/9) memberikan edukasi tentang penanggulangan bencana kebakaran di hadapan ratusan siswa dan guru. Selain teori, para peserta juga praktik langsung cara memadamkan api dengan selang maupun kain basah.

Kepala SDIT Izzatul Islam Getasan Sutrimo mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan pembelajaran luar kelas atau outing class yang bertujuan untuk mengenalkan kepada siswa tentang bahaya bencana kebakaran, penyebab, dan cara penanggulangannya. “Dengan simulasi penanggulangan bencana kebakaran ini diharapkan ada edukasi sejak dini bagi para siswa tentang penyebab, bahaya, dan cara penanggulangannya. Para siswa sangat antusias saat melihat mobil pemadam kebakaran berada di halaman sekolah,” papar Sutrimo.

Ratusan siswa semuanya berhamburan ke halaman sekolah untuk menyaksikan simulasi yang diperagakan oleh tujuh petugas damkar. Dengan peralatan standar lengkap dengan mobil damkar, mereka memperagakan aksi pemadaman api.

“Satu hal yang utama, apabila mendapati kebakaran, jangan panik. Tetap tenang dan lakukan hal-hal yang tepat. Apabila memang api sudah membesar dan sulit dipadamkan, segera hubungi petugas pemadam kebakaran,” kata salah satu petugas damkar, Kisworo. (sas/ton)