Dituduh Membunuh, TKW Depresi Berat

563

PURWOREJO—Fatimah, 40, warga Desa Luwerlor, Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo, TKW yang bekerja di Malaysia diduga mengalami gangguan kejiwaan. Untuk diketahui, sudah 2 tahun lamanya, Fatimah ditahan oleh Polisi Diraja Malaysia, sejak 4 Februari 2015. Ia dituduh telah membunuh warga negara Bangladesh di Malaysia. Fatimah pun terancam hukuman mati.

Kepala Seksi Penempatan Dan Perluasan Tenaga Kerja Dinas Perindustrian Dan Tenaga Kerja Kabupaten Purworejo, Trimo kepada wartawan, menyampaikan, sejauh ini pihaknya belum mendapatkan titik terang terkait kasus yang dialami Fatimah. Selama dua tahun ditahan, Fatimah belum mendapatkan status hukum yang jelas. Yang mengenaskan, lanjut Trimo, info yang ia terima, kondisi Fatimah mengenaskan. Ia mengalami gangguan kejiwaan. “Kami sangat prihatin dengan kondisi yang dialami oleh Fatimah.”

Diperoleh informasi, Fatimah sudah hampir 20 tahun tinggal dan bekerja di Malaysia. Meski begitu, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja setempat, belum mendapatkan data pasti terkait kapan Fatimah berangkat dan melalui jasa apa. Sebab, pada masa lalu, peraturan pengiriman TKI belum ketat dan cenderung masih sangat bebas. Dinas baru tahu setelah kasus Fatimah mencuat ke publik.

Upaya mediasi dengan mengajukan surat permohonan ke Kedutaan Luar Negeri sudah dilakukan. Belum lama ini, perwakilan dari Malaysia hadir ke Purworejo untuk melakukan jejak medis terhadap Fatimah. Dikatakan, jika hasil tes medis menunjukan ada gangguan kejiwaan, Fatimah akan mendapatkan keringanan hukuman. (jpg/isk)