Pamerkan Produk Unggulan di Kendal Explore 2017

1032
SAMBUTAN: Bupati Kendal Mirna Annisa didampingi sang suami, AKBP Ferry Sandy Sitepu, saat membuka Kendal Explore 2017 di Stadion Utama Kendal, Selasa (26/9) malam (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG).
SAMBUTAN: Bupati Kendal Mirna Annisa didampingi sang suami, AKBP Ferry Sandy Sitepu, saat membuka Kendal Explore 2017 di Stadion Utama Kendal, Selasa (26/9) malam (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG).

KENDALBerbagai hasil pembangunan dan potensi Kabupaten Kendal serta hasil produksi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dipamerkan dalam Kendal Explore 2017 di Stadion Utama Kendal. Kegiatan ini menjadi ajang memperkenalkan potensi masing-masing kecamatan di Kendal. Selain itu, untuk meningkatkan sektor perekonomian dari transaksi selama pameran berlangsung.

“Kegiatan ini juga menjadi ajang kreativitas para seniman dan anak-anak muda di Kendal. Karena selama acara digelar berbagai pertunjukan di panggung,” ujar Bupati Kendal, Mirna Annisa saat membuka Kendal Explore 2017, Selasa (26/9) malam.

Pameran ini akan digelar selama sepekan hingga 3 Oktober mendatang. Puluhan stan hasil pembangunan dan potensi setiap kecamatan di Kendal dipamerkan. Selain itu,  terdapat arena permainan anak dan stan kuliner.

Pembukaan Kendal Explore 2017 ini berlangsung semarak dengan pesta kembang api. Ribuan warga sudah  membanjiri Stadion Utama Kendal sejak sore hari. Selain itu, dimeriahkan pentas kesenian dan hiburan rakyat. Rencananya, selama event berlangsung, juga akan tampil sejumlah artis ibu kota.

“Harapan saya, dengan Kendal Explore ini, potensi yang ada di Kendal bisa ditampilkan dan mengenalkan kepada masyarakat. Biar masyarakat tahu, bahwa banyak potensi di Kendal mulai makanan, kerajinan hingga produk unggulan lainnya,” tandasnya.

Potensi produk unggulan setiap kecamatan ditampilkan. Seperti yang dipamerkan Kecamatan Singorojo dengan durian lokalnya.

Camat Singorojo, Sobirin, mengatakan, durian lokal Singorojo sudah terkenal akan kelezatandan tidak kalah dengan durian impor.

Sekda Kendal, Bambang Dwiyono, menambahkan, Kendal Explore 2017 merupakan agenda rutin tahunan untuk mengenalkan produk unggulan Kendal. Dia berharap, pameran tersebut bisa mendatangkan investor atau pembeli serta meningkatkan akses dan pangsa pasar domestik dan luar negeri di berbagai bidang.

“Menghadapi persaingan pasar global semakin terbuka dan kompetitif, maka diperlukan suatu inovasi untuk mempromosikan potensi Kabupaten Kendal,  satu diantaranya dengan Kendal Explore ini,” ujarnya.

Pengarah acara Kendal Explore, Alif Iskandar, mengatakan untuk kegiatan tersebut sedikitnya ada 52 stan, baik stan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), BUMD, BUMN dan perusahaan di Kendal. “Ini adalah ajang untuk promosi, baik produk UMKM, pariwisata, industri Kendal, kuliner serta produk unggulan lain,” katanya.

Untuk memeriahkan dan menyedot minat masyarakat, setiap harinya akan digelar pentas seni dan musik. “Kami juga akan gandeng sepuluh komunitas di Kendal untuk memeriahkan acara ini. Pameran dibuka mulai pukul 16.00-23.00,” ujarnya. (bud/adv/aro)