Tumbuhkan Kedisiplinan dan Minat Baca

791
Kepala SDN 1 Pegulon Tatik Supriyati (kanan) bersama para siswa berprestasi dan guru pembimbing saat ditemui di sekolahnya (M ZAENURI/JAWA POS RADAR SEMARANG SIAP BERSAING).
Kepala SDN 1 Pegulon Tatik Supriyati (kanan) bersama para siswa berprestasi dan guru pembimbing saat ditemui di sekolahnya (M ZAENURI/JAWA POS RADAR SEMARANG SIAP BERSAING).

KENDAL – Banyak cara dilakukan sekolah untuk mendongkrak prestasi baik akademik maupun non akademik. Kali ini SDN 1 Pegulon Kendal  mempunyai program literasi  dan  kedisiplinan dalam rangka meningkatkan pendidikan di sekolah.

Kepala  SDN 1 Pegulon Kendal  Tatik Supriyati mengungkapkan  setiap pagi sebelum memulai pelajaran anak-anak  secara bersama-sama diajak ke perpustakaan untuk dibiasakan membaca buku pengetahuan umum.”Buku yang dibaca di luar buku pelajaran  namun masih ada kaitannya dengan pendidikan di sekolah,” katanya.

Menurutnya, dengan membiasakan diri membaca dan dilakukan secara terus menerus maka wawasan akan semakin luas  minat baca pun  semakin  meningkat. “Semakin banyak membaca  maka pengetahuan akan bertambah  sehingga dapat menunjang prestasi anak,” ungkapnya.

Namun demikian, diakuinya, selama ini untuk pelaksanaannya masih ada kendala karena keterbatasan dengan waktu yang ada. Untuk itu , Kegiatannya di berlakukan  bergantian dengan kelas yang lain.”Sementara masih kita berlakukan giliran untuk membagi waktunya,” bebernya.

Selain itu, pihaknya juga memiliki perhatian khusus terhadap pendidikan para siswanya. Buktinya telah diwujudkannya dalam program kedisiplinan dengan menggandeng pihak kepolisian.”Kita ada kerjasama dengan Polres Kendal melalui program Polisi cilik,” ungkapnya.

Dalam pendidikan ini, lanjutnya,  anak-anak dilatih menerapkan kedisiplinan baik di sekolah maupun di rumahnya.”Tidak hanya disiplin dalam berbaris-berbaris namun juga menerapkan perilaku disiplin dalam kehidupan sehari-hari,” bebernya.

Terbukti, dalam  prestasi SDN 2 Pegulon Kendal  kerap menjuarai lomba baik akademik maupun non akademik di tingkat Kabupaten Kendal. Belum lama ini mewakili Kendal lomba Polisi Cilik tingkat Provinsi,” ungkapnya.

Diakuinya, meski belum menjadi yang terbaik pihaknya senantiasa mendukung  serta mendorong anak-anaknya untuk ikut serta dalam setiap kejuaraan. “Seperti kompetisi antar SD/MI menuju Kendal Permata Pantura ini saya dukung sekali,” pungkasnya. (zen/bas)