Ajak Meriahkan Pekan Batik

559
BERI KETERANGAN : Sekda Kota Pekalongan, Sri Ruminingsih saat memberikan keterangan terkait Pekan Batik Pekalongan (PBP) tahun 2017 di ruang pertemuan Sekda Kota Pekalongan (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang).
BERI KETERANGAN : Sekda Kota Pekalongan, Sri Ruminingsih saat memberikan keterangan terkait Pekan Batik Pekalongan (PBP) tahun 2017 di ruang pertemuan Sekda Kota Pekalongan (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang).

PEKALONGAN–Dalam rangka Hari Batik Dunia, Kota Pekalongan kembali menggelar Pekan Batik Pekalongan (PBP) 2017 di Kawasan, Wisata Budaya Jetayu, Museum Batik Indonesia, Pekalongan, sejak 4 sampai dengan 8 Oktober mendatang. Agar nuansa batik semakin kental, selama perhelatan berlangsung, masyarakat yang hadir diminta mengenakan pakaian batik.

“Kami mengimbau masyarakat, ayo mengenakan busana batik selama PBP berlangsung. Harapannya, agar batik semakin dicintai masyarakat dan terus menjadi ikon tak hanya Pekalongan, tapi juga Indonesia,” ucap Sekda Kota Pekalongan, Sri Ruminingsih pada jumpa pers yang digelar di Ruang Kresna, Senin malam (2/10) kemarin.

Ditambahkan Sekda, pada gelaran kali ini akan banyak event, baik bertaraf lokal maupun nasional. Mulai dari pameran Wisata Pekan Batik Nusantara dan Pameran Rumah Kretatif Batik Pekalongan. Ada juga, Festival Kampung Wisata, pesta kuliner, gelar seni budaya dan pentas bersama serta Lomba Kreasi Batik Tulis dan Cap Raksasa.

Total akan ada 130-an stand yang akan mengikuti acara ini. Namun, 40 stand di antaranya berupa rumah kreatif batik. Para peserta sendiri tidak hanya berasal dari Kota Pekalongan, namun juga daerah-daerah lain di Jawa Tengah dan sejumlah provinsi lain.

PBP 2017 ini akan dimeriahkan dengan arak-arakan batik yang diikuti oleh 104 kostum. Arak-arakan tersebut akan dilombakan, untuk mencari pemenang dari 6 kategori, dengan total hadiah jutaan rupiah. “Karnaval batik akan kami lombakan, dengan hadiah total mencapai 31 juta rupiah,” tandasnya.

Selain acara-acara itu masih banyak event diberi tema Batik Pekalongan Membingkai Silang Budaya Nusantara. Di antaranya demo membatik dan talkshow netizen, Jetayu Drone Fotografi Festival, Buketan Batik Selfie Contest yang dirangkai dengan Festival Jamu Jawa Tengah. “Festival Jamu Jawa Tengah ini akan diikuti oleh 35 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Kota (Pemkot) yang ada di Jawa Tengah,” tutup Sri Ruminingsih.(han/ida)