WI Jateng Gelar Seleksi

516

SEMARANG – Pengprov Wushu Indonesia (WI) Jateng akan gelar seleksi atlet di Wisma Wushu Jateng Marina, pada Jumat (6/10). Nantinya, akan dipilih atlet lini satu dan dua untuk diterjunkan pada Kejurnas Wushu Senior GOR Kelapa Gading, Jakarta, 24-29 Oktober mendatang.

“Kami gelar seleksi terbuka untuk kelas yang kosong pada nomor sanda. Adapun taolu, pengprov sudah menentukan siapa saja yang berhak ikut seleksi,” tutur Ketua Harian Pengprov WI Jateng Sudarsono.

Untuk putri pada nomor sanda yang diseleksi yakni kelas 52kg dan 56kg. Sedangkan putra yaitu 56kg, 65kg, 70kg, dan 75kg. Provinsi ini sebenarnya memiliki dua atlet sanda putra yakni Yusuf Widiyanto 56kg dan Puja Riyaya 70kg. Namun keduanya akan turun di kejurnas membela timnas Indonesia.

”Untuk sanda penilaian meliputi teknik (Sparring) dan kondisi fisik umum (VO2max Cooper dan lari 2,4 km). Sedangkan taolu, atlet diberi kesempatan memeragakan jurus yang dikuasai. Mereka akan diadu dalam sebuah simulasi,” jelas Wakil Ketua II KONI Jateng tersebut.

Kejurnas senior tersebut, merupakan kali pertama usai PON XIX Jabar 2016 lalu. Sebagian atlet PON Jateng juga diterjunkan seperti Bayu Peni, Ratih Erliana, dan Bayu Raka. Pada kejurnas nanti, lanjut Sudarsono, tidak ada target tertentu bagi Jateng. Pihaknya lebih menekankan untuk melihat potensi atlet wushu (taolu dan sanda) sebagai proyeksi PON XX Papua 2020 nanti.

”Tentu kami juga ingin melihat bagaimana potensi atlet daerah lain. Ini semua sebagai bahan dasar program dan strategi menuju PON mendatang. Semua butuh persiapan yang matang,” tandasnya. (cr4/bas)