Siswa SDN Sriwulan Piawai Bermain Bola Voli  

944
UKIR PRESTASI : Tim Bola Voli Putri SDN Sriwulan bersama sang pelatih Sunu Tri Martoyo (M ZAENURI/JAWA POS RADAR SEMARANG).
UKIR PRESTASI : Tim Bola Voli Putri SDN Sriwulan bersama sang pelatih Sunu Tri Martoyo (M ZAENURI/JAWA POS RADAR SEMARANG).

SDN Sriwulan Kecamatan Limbangan ini boleh dibilang habitnya bola voli putri di Kabupaten Kendal. Pasalnya, sejak usia dini siswa-siswinya sudah dibekali kemampuan dasar untuk bermain voli.

Guru olahraga SDN Sriwulan, Sunu Tri Martoyo, mengungkapkan bahwa sejak mulai kelas 1, siswa-siswi sudah diajarkan dasar-dasar bermain voli dalam bentuk permainan sederhana. ”Mulai kelas 1 sudah diajarkan melempar bola, walaupun anak-anak sebenarnya belum paham untuk diarahkan ke permainan bola voli,” bebernya.

Setelah itu, lanjutnya, saat kelas dua sudah mulai kelihatan anak-anak yang mempunyai potensi. ”Kelas dua, kami sudah mulai petakan dan terus kami pantau lebih intensif,” imbuhnya.

Dikatakannya, selama ini anak-anak didiknya mulai dari kelas empat sudah biasa bertanding di berbagai kejuaraan. ”Disini kelas empat sudah biasa bertanding di tingkat kecamatan. Jadi masa pemanfaatannya bisa lebih panjang,” sambung guru olahraga yang juga pengasuh klub bola voli Vonga di Kecamatan Limbangan ini.

Untuk latihan, siswa bisa mengikuti ekstrakulikuler yang diadakan tiga kali dalam seminggu. ”Latihan tiap hari Selasa Kamis dan Sabtu,” terangnya.

Selain itu, untuk lebih mengembangkan bakatnya, siswa bisa masuk dalam klub bola voli yang juga dia asuh sendiri. ”Disini ada klub bola voli yang memanfaatkan lapangan sekolah. Kebetulan saya sendiri pelatihnya,” jelasnya.

Soal biaya, tidak perlu khawatir, karena tidak akan dipungut biaya alias gratis “Anak-anak bisa latihan disini, tanpa perlu memikirkan biaya,” ungkapnya.

Latihan tandingnya pun tidak main-main, sudah sampai keluar daerah. ”Kami kerap mengadakan latihan tanding dengan klub lain di Jawa Tengah,” lanjutnya.

Walaupun gratis, bukan berarti minim sarana dan prasarana. Pihaknya mengakui, selama ini hadiah yang diperoleh dari kejuaraan dimanfaatkan untuk membeli alat-alat penunjang latihan. ”Kami secara berkala membeli bola dari  hasil prestasi yang didapat,” bebernya.

Alhasil, selama ini bola voli putri SDN Sriwulan menjadi langganan juara di tingkat Kabupaten Kendal sampai tingkat karesidenan. Bahkan menjadi tim yang diperhitungkan dalam setiap kejuaraan. (zen/ida)