30 MB Dilatih Micro Enterpreuneurship

682
SERU : Suasana pelatihan yang digelar PT Telkom Witel Pekalongan melibatkan mitra binaan di Kantor Witel yang beralamat di Jalan Merak nomor 2 Kota Pekalongan (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)
SERU : Suasana pelatihan yang digelar PT Telkom Witel Pekalongan melibatkan mitra binaan di Kantor Witel yang beralamat di Jalan Merak nomor 2 Kota Pekalongan (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)

PEKALONGAN-PT Telkom Indonesia Witel Pekalongan memberikan pelatihan tentang Micro Enterpreuneurship Development Program & blanja com kepada 30 orang UMKM unit CD (Community Development ) Witel Pekalongan yang terdiri atas beberapa segmen usaha. Pelatihan dilaksanakan pada Selasa (9/10) dan Rabu (10/10) kemarin.

Mewakili GM Witel Pekalongan, Joko Rantau, pelatihan dibuka dan ditutup oleh Manager HR & CDC Witel Pekalongan, Djati Wiyono. Peserta menerima materi dari instruktur pelatihan Kewirausahaan UKM, Sutrisno Teguh, serta beberapa pemerhati lain.

“Pelatihan ini kami laksanakan selama dua hari, dimana ada 30 orang peserta yang notabene adalah pelaku usaha binaan. Materi yang kami berikan cukup beragam dan pemateri yang ahli di bidangnya masing-masing,” tutur Officer 2 PKBL CDC Witel Pekalongan, Muchamad Fathoni.

Pada kesempatan kemarin, peserta diberikan berbagai materi tentang enterpreuneurship. Dengan mendatangkan pemateri kewirausahaan oleh Mino Mustari, Mumu Nata Priyatna dan Bambang Siswoyo. Juga ada pelatihan market place portal blanja.com yang disampaikan Jupar Hadi Rahmat, Beny dan Rara.

Lanjut Thoni, materi tentang sistem penjualan online, terus diberikan kepada para pelaku usaha, dengan maksud agar mereka bisa terus mengembangkan sistem pemasarannya. Jadi pengusaha tidak hanya melakukan penjualan langsung, tetapi juga melalui dunia maya. “Seperti yang kita ketahui, kalau berjualan di dunia maya, maka pangsa pasarnya jadi sangat luas dan tidak terbatas,” sebutnya.

Dia menambahkan, program tersebut dilakukan oleh pihaknya untuk menyukseskan program pemerintah dalam menumbuhkembangkan wirausaha yang ada di Indonesia. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan pelaku usaha binaan Telkom bisa semakin mengembangkan usaha mereka dan bisa lancar membayar cicilan pinjaman setiap bulannya.

Terlihat saat pelatihan kemarin, para pelaku UKM Binaan CDC Witel Pekalongan merasa terbantu dengan adanya program bimbingan ini. Peserta sangat antusias. Bahkan saat sesi tanya jawab serta testimoni para pelaku usaha yang sukses baik market nasional maupun internasional/export. Karena mendapat kesempatan langka bisa belajar kepada pelaku usaha langsung, sehingga hampir semua peserta antusias bertanya tentang cara dan trik berjualan yang menarik dan menguntungkan.

Setelah pelatihan, semua peserta diberikan sertifikat sebagai bukti bahwa mereka sudah mengikuti pelatihan. Sertifikat tersebut nantinya berguna bagi mereka dalam menindaklanjuti kerjasama dengan PT Telkom sebagai mitra minaan ke depannya. (han/adv/ida)