45 ‘Wasit’ Pilkada Dilantik

526
DILANTIK : Disaksikan Bupati dan Forum Forkominda, Ketua Panwaslu Batang melatih 45 anggOta Panwascam (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang).
DILANTIK : Disaksikan Bupati dan Forum Forkominda, Ketua Panwaslu Batang melatih 45 anggOta Panwascam (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang).

BATANG – Sebanyak 45 anggota Panitia Pengawas (Panwas) dari Kecamatan se Kabupatren Batang secara resmi dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Panwas Kabupaten Batang Achmad Suhartono. Dalam pelantikan tersebut juga hadir Bupati Batang Wihaji, dan Wakil Ketua DPRD Nur Untung Slamet, Sabtu (14/10).

“Sebagai pengawas atau ‘wasit’ harus bertindak adil. Dan siapapun orangnya yang melakukan pelanggaraan, prosesnya harus tetap berjalan,” ucap Bupati Batang Wihaji.

Ditambahkan Wihaji, kewajiban Panwas sebagai wasit dalam menjalankan tugasnya diatur dalam undang-undang. Dengan tujuan mengawal demokrasi yang jujur dan adil dalam penyelenggaraan demokrasi, khususnya pada Pilgub, Pileg dan Pilpres.

Dalam menjalankan tugas sebagai wasit demokrasi, tentu akan banyak  tantangan–tantangan yang harus dihadapi. Namun tetap harus bekerja dengan baik. Dengan berpegang pada aturan undang-undang. Apalagi di tahun 2018 yaitu tahun politik akan banyak permasalahan yang berhadapan langsung dengan masyarakat dan partai

“Sebagai penegak peraturan dan wasit tentunya kita harus adil dalam menyikapi permasalahan yang ada. Panwas harus dapat bekerja secara profesional, produktif sesuai dengan peraturan perundang undangan yang ada,” ujar Wihaji.

Disampaikan juga, pada proses pemilihan demokrasi, tahapan-tahapan pemilihan umum sudah dapat dilaksanakan, harus ada koordinasi   dan kerja sama dalam proses pelaksanan demokrasi baik dari Panwas, Pemerintah Kabupaten Batang, TNI maupun Polres di wilayah Kabupaten Batang. Ini dalam rangka menciptakan situasi yang kondusif untuk membangun Kabupaten Batang 5 tahun ke depan.

Ketua Panitia Pengawas Kabupaten Batang Achmad Suhartono mengatakan mereka yang dilantik bertanggung jawab atas segala tugas pengawasan Pilgub 2018 dan Pileg, serta Pilpres di tingkat kecamatan.

“Sebagai anggota Panwas Kecamatan, tentunya dituntut untuk bekerja penuh tanggung jawab, teliti, jujur, adil, dan independen serta menjaga netralitas. Sehingga proses pada pemilu berjalan lancar, aman, sukses, bermutu dan berkeadilan,” katanya.