Program Si Ida Mudahkan Warga Ngurus Perizinan

1216

PURWOREJO—Pemohon perizinan di Purworejo bakal dimudahkan dengan sistem online. Artinya, permohonan pelayanan perizinan maupun nonperizinan, dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Terobosan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DINPMPTSP) itu bernama Si Ida. Sebuah akronim dari program Sistem Perizinan Daring. Program ini diharapkan bisa mempermudah proses investasi.

Kepala DINPMPTSP Widyo Prayitno mengungkapkan, sebanyak 93 perizinan dan nonperizinan yang semula dipos-poskan di masing-masing SKPD saat ini dapat diakses satu pintu melalui DINPMPTSP. Artinya, masyarakat tidak lagi harus disulitkan dengan proses birokrasi, sehingga harus bolak-balik mengurus perizinan. “Cukup datang ke satu tempat saja,” kata Widyo, kemarin.

Dari 93 jenis perizinan, ada 8 di antaranya masuk dalam sistem Si Ida. Yakni, izin penyelenggaraan reklame, izin riset, survei, penelitian dan PKL, dan izin usaha warung internet dan game net. Juga izin mendirikan bangunan (IMB), SIUP, dan TDP simultan, tanda daftar gudang, izin penggunaan sarana umum, dan izin penyambungan jalan dengan umum.

Dikatakan, 90 jenis perizinan dari 93 perizinan akan dilayani gratis. Sementara, 3 jenis perizinan seperti reklame, IMB, dan izin gangguan, akan dipungut biaya sesuai prosedur. Ke depan, seluruh perizinan di Purworejo bisa dilakukan online. (jpg/isk)