13 Parpol Serahkan Salinan KTA Berbasis Sipol

PKB Optimistis Jadi Pemenang Pemilu 2019 

671
PESERTA PEMILU : Ketua DPC PKB Demak Munhamir didampingi Sekretarisnya Zayinul Fata dan jajaran pengurus saat mendaftarkan diri ke KPUD Demak (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG).
PESERTA PEMILU : Ketua DPC PKB Demak Munhamir didampingi Sekretarisnya Zayinul Fata dan jajaran pengurus saat mendaftarkan diri ke KPUD Demak (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG).

DEMAK-Sebanyak 13 partai politik (parpol) di Demak telah mendaftarkan diri sebagai peserta pemilu di Kantor KPUD Demak. Partai-partai tersebut telah menyerahkan data berbasis sipol (sistem informasi parpol) berupa salinan kartu tanda anggota (KTA), E-KTP, surat keterangan beserta lampiran 2 model F-2 parpol.

Anggota KPUD Demak, Asroni mengatakan bahwa parpol tersebut adalah Partai Perindo, PDI Perjuangan, PPP, Partai Gerindra, PKS, Partai Garuda, Partai Nasdem, Partai Golkar, PAN, PKB, PSI, Hanura dan Partai Demokrat.

“Proses penelitian administrasi akan terus dilanjutkan dan masing-masing partai akan menerima raport. Apakah raportnya merah atau tidak, menunggu hasil penelitian,” katanya.

Menurutnya, KPUD akan meneliti satu persatu ketentuan keanggotaan parpol minimal 1.000 orang dengan bukti KTA, E-KTP dan surat keterangan yang telah diserahkan partai terkait saat pendaftaran. “Jadi, jangan sampai ada yang abal-abal. Kalau memang ada, harus segera diperbaiki mulai sekarang,” katanya.

Asroni menambahkan, perbaikan administrasi parpol diberikan waktu antara 18 November hingga 1 Desember 2017. Sedangkan, penyampaian hasil penelitian administrasi hasil perbaikan pada 12 Desember hingga 15 Desember.

“Kami sarankan parpol datanya diperbaiki tidak perlu menunggu sampai 18 November. Partai yang tidak memenuhi data 1.000 KTA bisa diperbaiki dan ada remidi. Tapi, kalau hasil remidi masih belum memenuhi ketentuan, maka tidak ada ampunan lagi. Parpol diberi kesempatan melengkapi kekurangan sampai 11 Desember,” katanya.

Menurutnya, parpol yang tidak memenuhi ketentuan 1.000 KTA tidak boleh melanjutkan tahapan berikutnya. Meski demikian, KPUD Demak hanya bersifat memberikan data ke KPU Pusat. Karenanya, KPU Pusat yang akan memutuskan apakah parpol tersebut lolos atau tidak sebagai peserta pemilu.

Dalam aturan, jika ada parpol tidak lolos di satu atau dua daerah dan lebih banyak lolos di daerah lain, maka tetap bisa lolos di tingkat pusat. Jika lolos di KPU Pusat, tentu daerah yang sebelumnya tidak lolos, pada akhirnya bisa lolos.

Sementara itu, Sekretaris DPC PKB Demak, Zayinul Fata mengatakan, PKB Demak optimistis dapat kembali memenangi Pemilu 2019 mendatang. Pada Pemilu 2014 lalu, PKB merupakan partai paling berpengaruh di Kota Wali karena memperoleh suara terbanyak. “Kami tetap optimistis. Pada Pemilu nanti, PKB di Demak bisa mempertahankan perolehan suara dan kursi legislatif paling banyak. Mudah mudahan tercapai. Kami berjuang keras untuk mengejar target tersebut,” katanya. (hib/ida)