KPU Lakukan Verifikasi Faktual

PKPI Tidak Terdaftar

627

MAGELANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang mulai melakukan tahapan penelitian administrasi dan verifikasi faktual terhadap 15 parpol yang sudah terdaftar sebagai calon peserta pemilu legislatif 2019. Verifikasi ini sebagai tahapan penting untuk meneliti keabsahan parpol sebagai calon peserta pemilu mendatang.

Ketua KPU Kota Magelang, Basmar Aprianto Amran mengatakan parpol calon peserta pemilu yang sudah terdaftar sejumlah 15 parpol. “Untuk parpol terakhir adalah Partai Bulan Bintang (PBB) yang menyerahkan revisi berkas. Sudah kami teliti dan kami beri tanda terima (TT). Sedang PKPI tidak menyerahkan revisi yang dilengkapi jadi secara otomatis tidak terdaftar. Sedang Partai Idaman juga tidak mendaftar sejak awal, hanya konsultasi saja,” ujarnya.

Saat ini pihaknya tengah melakukan penelitian administrasi dan juga verifikasi terhadap pencocokan serta penelitian terhadap kebenaran dokumen tertulis berkenaan dengan pemenuhan syarat menjadi peserta pemilu.

“Tahapan ini dilakukan sejak tanggal 18 Oktober hingga 15 November mendatang,” jelas Basmar Kamis (19/10).

Basmar menjelaskan, tahapan ini sudah disosialisasikan berjenjang sebelum pendaftaran calon peserta pemilu kepada seluruh parpol yang ada di Kota Magelang.

“Nantinya verifikasi faktual yakni dengan mendatangi kantor pengurus parpol untuk mencocokan kebenaran dokumen dengan pengurus yang bersangkutan. Meneliti keterwakilan perempuan sekurang-kurangnya 30 persen dan juga domisili kantor tetap juga kami datangi,” papar Basmar.

Tahapan verifikasi faktual yang tak kalah pentingnya, menurut Basmar, adalah melakukan verifikasi terhadap dokumen persyaratan keanggotaan parpol. Verifikasi faktual anggota ini, menurut Basmar, dilakukan dengan mendatangi anggota parpol yang tercantum dalam lampiran 2 model F2-Parpol untuk mencocokan kebenaran dan kesesuaian identitas anggota pada kartu tanda anggota (KTA) dan e-KTP atau surat keterangan lain.

“Ini penting untuk melakukan verifikasi faktual keanggotaan apabila terdapat dugaan keanggotaan ganda dan keanggotaan yang tidak memenuhi syarat,” jelasnya. (cr3/lis)