Gaya Hidup Picu Prediabetes

549

SEMARANG – Kebiasaan kurang melakukan aktifitas fisik seperti olahraga dapat memicu prediabetes. Sehingga jika hal ini dibiarkan tanpa penanganan yang tepat, maka berpotensi menjadi Diabetes Mellitus (DM). Untuk itu, salah satu penecegahan prediabetes adalah dengan melakukan olahraga secara teratur, menjaga pola makan dan memeriksa kesehatan secara rutin.

“Melakukan aktifitas olahraga secara rutin itu ternyata dapat menghilangkan prediabetes,” ungkap dr Nurmilawati SpPD-KEMD usai talkshow dengan “Wellness Prediabetes” di Pesona Hotel, Semarang, kemarin.

Talkshow yang diadakan Prodia ini menghadirkan narasumber R. Beppy Hamuaty, M. Kes, Apt dan dr. MR. Arientasari W. Himawan, M. Kes, SpGK. Menurut Nurmilawati, DM bukan lagi penyakit yang menimpa orang berusia lanjut. Namun banyak juga usia muda atau usia produktif dapat terkena penyakit ini. “Data menunjukkan pada tahun 2030 mendatang diperkirakan ada 398 juta penduduk dunia yang mengalami prediabetes, khusus Indonesia, ada sekitar 24 juta warga yang kena prediabetes,” ujarnya.

Prediabetes itu sendiri merupakan istilah untuk tahap awal penyakit diabetes tipe dua. Hal ini ditandai dengan level gula darah mulai melebihi batas normal. Jika dibiarkan tentu bisa menjadi DM.

“Kondisi ini sebagai pengingat atau titik balik untuk melakukan perubahan pola hidup yang lebih baik. Selain bisa menjadi DM, risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke juga meningkat,” katanya.

Apalagi jika ditunjang  dengan gaya hidup yang tidak sehat, seperti kurangnya berolahraga, banyak mengkonsumi junk food dan sering mengalami stres. “Kami akan terus melakukan kampanye serta memberikan wawasan kepada masyarakat tentang pencegahan prediabetes, salah satunya melalui talkshow ini,” tambahnya.

Untuk itu pihaknya berharap agar masyarakat mengetahui sehingga bisa melakukan tindakan preventif untuk mencegah prediabetes. Tindakan yang dilakukan selain mengecek kesehatan secara rutin, juga dengan menjaga pola hidup sehat. Mulai dari memperbaiki pola makan, olahraga teratur serta menjaga berat badan tetap normal. (hid/ric)