Masih Ada 99.000 Warga Miskin

524

PURWOREJO— Wakil Gubernur Heru Sudjatmoko meminta Pemkab Purworejo terus berupaya mengentaskan kemiskinan. Yakni, dengan membuat program yang langsung menyentuh lapisan masyarakat miskin. Harapannya, jumlah warga miskin di Purworejo bisa dikurangi.

Untuk diketahui, Purworejo hingga kini masih masuk dalam kabupaten zona merah kemiskinan. Purworejo berada di urutan ke 23 dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah. Purworejo tergabung bersama 15 kabupaten lain yang masuk dalam zona miskin.

Berdasarkan pendataan pada 2016 silam, di Purworejo, lebih dari 99.000 warga masih hidup dalam kemiskinan.

Selain Purworejo, 14 kabupaten lainnya adalah Wonosobo, Kebumen, Brebes, Purbalingga, Rembang, Pemalang, Banjarnegara, Banyumas, Klaten, Sragen, Cilacap, Demak, Grobogan, dan Demak.

“Saya kira bukan soal miskin atau tidak, yang terpenting bagaimana kita bergotong royong, bersinergi antara pemerintah provinsi dan kabupaten untuk mengentaskan kemiskinan,” kata Wagub Heru usai memimpin Rapat Koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) di Pendopo Bupati Purworejo, Senin (23/10) sore.

Tren positif, sebenarnya terus terjadi terkait jumlah penduduk miskin di Purworejo. Yakni, semakin menurun pada medio 5 tahun terakhir. Pada 2012, misalnya, penduduk miskin di Purworejo mencapai 112.800 orang. Jumlah tersebut berkurang menjadi 99.100 di 2016. Atau, mengalami penurunan sebanyak 13.700 jiwa. Meski angka kemiskinan mengalami tren penurunan, namun jumlah tersebut masih dibawah capaian kemiskinan di Jawa Tengah. “Ya, memang sebenarnya mengalami penurunan, tapi masih di bawah capaian target provinsi, hingga kini penduduk miskin di Purworero masih 13 sekian persen, itu data provinsi,” sentil Heru.

Wagub Heru kembali menekankan pentingnya program terukur dalam upaya mengentaskan kemiskinan. Saat ini Pemprov Jateng terus berupaya membantu Pemerintah Kabupaten untuk menggerus kemiskinan yang kini masih mencekik Jawa Tengah. “Kami membuka diri untuk terus berupaya mengentaskan kemiskinan di Purworejo, beberapa program telah kita canangkan seperti bantuan RTLH dan lainnya.”

Bupati Purworejo, Agus Bastian menyatakan optimistis ke depan Purworejo akan terbebas dari zona merah kabupaten miskin. Targetnya, pada 2021 mendatang, Purworejo akan terbebas dari zona kemiskinan tinggi di Jawa Tengah. “Di sisa kepemerintahan saya ini, saya berharap seluruh lapisan masyarakat menyukseskan program penanggulangan kemiskinan di Purworejo.” (jpg/isk)