Calon Perseorangan Butuh 1,7 Juta KTP

545

BATANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah sudah menerima 5 orang yang berkonsultasi terkait syarat untuk maju sebagai calon gubernur dalam Pilgub Jateng 2018 mendatang. Tapi tidak semua yang berkonsultasi terlihat serius meneruskan rencananya maju lewat jalur perseorangan.

“Dari 5 yang datang, baru 1 orang yang sangat berniat untuk daftar. Bahkan sudah melakukan pengumpulan dukungan KTP,” ujar Anggota KPU Provinsi Jawa Tengah Divisi Perencanaan dan Data Muslim Aisha saat menggelar sosialisasi di Aula Kantor KPU Batang, Kamis (26/10).

Syarat untuk maju dari jalur perseorangan, bakal calon harus mendapatkan dukungan minimal 1.781.606 orang. Dukungan harus dibuktikan dengan fotokopi KTP serta dukungan tersebut harus tersebar minimal di 18 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Anggota KPU Kabupaten Batang Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Umar Abdul Jabar mengatakan, dalam Pilgub mendatang, pihaknya cukup optimistis mampu berjalan dengan baik. Karena selama ini, partisipasi pemilih di kabupaten Batang cukup baik.

“Partisipasi pemilih di Kabupaten Batang mengacu dalam pemilihan bupati kemarin (2017, red) mencapai 73 persen, walaupun secara nasional menargetkan 77,5 persen, kita tetap terbaik,” imbuh Umar. (han/ton)