Calon Independen, Minimal 1,7 Juta Warga

1653
SOSIALISASI PILGUB : KPUD Demak melakukan sosialisasi tentang calon gubernur independen di RM Kalijogo, kemarin (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG).
SOSIALISASI PILGUB : KPUD Demak melakukan sosialisasi tentang calon gubernur independen di RM Kalijogo, kemarin (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG).

DEMAK-Mekanisme calon perseorangan atau independen dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Jateng, semakin tidak mudah. Berdasarkan data KPU, daftar pemilih tetap (DPT) pemilu terakhir di Provinsi Jateng sebanyak 27.409.316 pemilih. Mendasarkan DPT ini, maka calon perseorangan harus mengantongi dukungan minimal 6,5 persen dari jumlah DPT atau setara dengan 1.781.606 yang tersebar di lebih 50 persen atau 18 kabupaten/kota.

Ketua KPUD Demak, Mahmudi mengatakan bahwa sejauh ini untuk pilgub Jateng belum pernah ada yang nyalon lewat perseorangan. “Dulu pernah ada di Demak, calon perseorangan dalam pemilihan bupati. Tapi gagal karena tidak dapat memenuhi dukungan pemilih sebanyak 71 ribu. Calon hanya bisa menyerahkan 69 ribu saja,” katanya dalam Sosialisasi Pemilihan Gubernur Jateng oleh KPUD Demak di RM Kalijogo, Jumat (27/10) kemarin.

Karena itu, ia berharap dalam Pilgub Jateng ini bisa muncul calon perseorangan. “Kalau lewat parpol, yang bisa mengusung calon adalah PDI Perjuangan saja. Karena PDIP punya syarat minimal 20 kursi di DPRD Provinsi Jateng atau 25 persen dari perolehan suara pemilu 2014. Sedangkan, parpol lain tidak bisa mengusung calon sendiri lantaran kursi di DPRD Provinsi di bawah 20. Karenanya harus berkoalisi,” ujar dia. (hib/ida)