Ibu Rumah Tangga Harus Kreatif

998
Ivana Angelin Tiolida Pasaribu (DOK PRIBADI FOR JAWA POS RADAR SEMARANG).
Ivana Angelin Tiolida Pasaribu (DOK PRIBADI FOR JAWA POS RADAR SEMARANG).

MENJADI seorang ibu rumah tangga, tak harus berdiam diri di dalam rumah menunggu suami pulang kerja. Harus bisa memiliki kreativitas dan ketangguhan dalam hal apapun.

“Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga. Sehingga waktu bisa lebih bermanfaat,” kata Ivana Angelin Tiolida Pasaribu, Senior Account Officer Bank Mayapada Jalan MT Haryono Semarang ini.

Ibu muda yang akrab disapa Lida ini menilai sudah menjadi kodrat wanita menjadi ibu rumah tangga. Namun harus mampu membantu suami dalam banyak hal. “Termasuk dalam mencari rejeki. Apalagi zaman teknologi seperti ini. Ibu-ibu bisa berjualan online melalui Facebook, Instagram dan lain-lain. Bisa juga membuat keterampilan, souvenir yang bisa dikerjakan di dalam rumah. Tentu kreativitas tersebut akan bermanfaat,” katanya.

Aktivitas bisnis bermula dari level kecil, imbuhnya, apabila dikembangkan akan menghasilkan sesuatu yang tak terduga. Bahkan penghasilannya bisa jauh lebih besar ketimbang menjadi karyawan. Saat ini, banyak ibu rumah tangga menjadi pengusaha, hanya bermula dari kreativitas di dalam rumah. “Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) memiliki peluang besar bagi ibu rumah tangga, karena bisa dikerjakan di rumah,” kata wanita kelahiran Medan, 16 Desember 1983 ini.

Namun, bagi wanita yang berjuang di luar rumah harus mampu bersaing. Sedangkan bagi ibu rumah tangga yang hanya tinggal di rumah, harus mampu memaksimalkan potensi diri. “Karena ibu rumah tangga di lingkungan perumahan tempat tinggal, tetap memiliki peluang untuk berbisnis. Misalnya berkumpul dengan ibu-ibu PKK, dasawisma, arisan dan lain-lain, bisa dimanfaatkan sebagai pemasaran. Dari lingkup kecil dulu,” tuturnya. (amu/ida)