PSC Klaim Sudah Tangani 20 Kasus

879

MAGELANG–Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina, meluncurkan layanan Public Safety Center-Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (PSC-SPGDT). Peluncuran bersamaan dengan pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Jumat (27/10), di Alun-Alun Kota Magelang.

Windarti mengatakan, layanan PSC merupakan layanan gawat darurat terintegrasi berbasis call center. Pelayanan Tim PSC, dikhususkan untuk penanganan kegawatdaruratan medis sebelum ditangani rumah sakit. “Layanan ini gratis, tidak dipungut biaya apapun,” kata Windarti, kemarin.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Magelang, Fatma Murtiningsih membeber, PSC Kota Magelang dibentuk pada April 2017. Meski saat itu belum diresmikan, pihaknya sudah mulai turun ke lapangan. Yakni, dengan lebih dulu melakukan sosialisasi ke masyarakat. Baik secara langsung dan media sosial.

Tim PSC terdiri atas tenaga sopir, tenaga medis, dan tenaga call center. “Sekitar 20-an lebih kasus sudah kita tangani. PSC terpusat di Kantor Dinkes Kota Magelang. Tugas PSC merespons kejadian kegawatdaruratan, baik karena kecelakaan atau orang sakit yang membutuhkan pertolongan pertama. (put/isk)