Minta Kampoeng Rawa Terus Berinovasi

489

SEMARANG  – DPRD Jateng meminta agar Pemprov dan pengelola objek wisata Kampoeng Rawa terus berinovasi untuk menarik wisatawan. Hal itu sangat penting, mengingat saat ini objek wisata semakin berkembang. Jika tidak diimbangi dengan inovasi dan peningkatan pelayanan jelas, wisatawan akan enggan untuk berkunjung.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Jateng, Yudhy Sancoyo mengatakan, Kampoeng Rawa merupakan salah satu objek unggulan di Kabupaten Semarang. Untuk itu, wisata apung yang ada di Rawapening harus selalu meningkatkan fungsi pelayanan serta inovasinya supaya bisa bersaing dengan objek yang lain. “Harus ada inovasi, karena ini untuk lebih memikat wisatawan,” katanya.

Ia menambahkan, sebenarnya banyak kelebihan Kampoeng Rawa tersebut. Dari lokasi saja, dengan berdiri di atas Rawapening menjadi nilai tambah untuk menarik wisatawan. Belum dengan latar pemandangan berupa Gunung Ungaran, Telomoyo maupun Merbabu, semakin menambah kesan yang mendalam. Secara infrastruktur pun mudah dijangkau baik dengan kendaraan pribadi maupun umum.  “Kampoeng Rawa harus berani menambah fasilitas, seperti jalur jogging. Bisa jalan-jalan menikmati pemandangan serta kulinernya,” tambahnya.

Kampoeng Rawa  diminta meningkatkan pelayanan dan keindahan. Misalnya seperti peningkatan sarana dan prasarana. Ia mencontohkan soal kebersihan toilet, dan lahan parkir. “Dan yang penting, adalah bagaimana tetap terus melibatkan masyarakat sekitar, supaya turut memiliki objek tersebut,” kata Sekretaris Komisi B DPRD Jateng, Messy Widiastuti.

Dewan mengapresiasi dengan didirikannya usaha kuliner di Desa Bejalen ini sehingga bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Selain itu juga berdampak pada kesejahteraan khususnya untuk masyarakat Ambarawa karena bisa menambah lapangan pekerjaan yang terdapat 90 karyawan. (fth/ric)