Polri Dampingi Kades Kelola Dana Desa

691
BERI PENDAMPINGAN : Polsek Bojong Polres Pekalongan saat melakukan sosialisasi antara Polri dengan Pengguna Dana Desa tentang pencegahan, pengawasan, penanganan permasalahan dana desa di Kecamatan Bojong. (Taufik Hidayat/Jawa Pos Radar Semarang)
BERI PENDAMPINGAN : Polsek Bojong Polres Pekalongan saat melakukan sosialisasi antara Polri dengan Pengguna Dana Desa tentang pencegahan, pengawasan, penanganan permasalahan dana desa di Kecamatan Bojong. (Taufik Hidayat/Jawa Pos Radar Semarang)

KAJEN Polri akan mendampingi penggunaan dana desa agar tepat sasaran dan tidak ada penyimpangan. Sabtu (18/11) kemarin, Kapolsek Bojong Polres Pekalongan, AKP I Wayan Suandi,  memberikan sosialisasi MoU Kapolri, Kemendagri dan Kemdes tentang Pengelolaan Dana Desa, di Kantor Kecamatan Bojong, terhadap kepala desa se-Kecamatan Bojong.

Sosialisasi tersebut guna menyamakan persepsi, antara Polri dengan Pengguna Dana Desa tentang pencegahan, pengawasan, penanganan permasalahan dana desa. Agar dana desa digunakan tepat sasaran dan sesuai dengan ketentuan dan perundangan yang berlaku.

AKP I Wayan Suandi, mengatakan bahwa Bhabinkamtibmas selaku ujung tombak Polri di tengah masyarakat mendapat perintah langsung dari Kapolri, guna mendampingi dan mengawasi penggunaan serta pengelolaan dana desa.

Diharapkan dengan kehadiran Polri tidak akan ada lagi yang berani bermain-main dengan dana desa. Karena pihak pengelola dana desa diawasi langsung, bukan saja dari Polri namun juga masyarakat desa setempat.

“Dengan keterjalinan hubungan yang baik, antara Polri dengan para pendamping desa tersebut diharapkan pemerintahan desa dalam mengelola dan menggunakan dana desa yang ada bisa maksimal dan tidak menyalahi aturan dan garis yang telah di tetapkan oleh pemerintah,” harap AKP I Wayan Suandi.

Sementara itu, Sekretaris Paguyuban Kepala Desa Kabupaten Pekalongan, Sarijo, menegaskan bahwa kegiatan sosialisasi di pendopo kantor Kecamatan Bojong, diikuti Muspika Bojong, Kades se Kecamatan Bojong, dan Bhabinkamtibmas Polsek Bojong.

Menurutnya  kegiatan tersebut merupakan bukti kekompakan dan koordinasi yang baik antar semua elemen pemerintahan di wilayah Kecamatan Bojong, termasuk para kepala desa sebagai pengelola dana desa .

“Kami cukup senang dengan adanya pendampingan ini, karena disamping memberian rasa aman dan nyaman, kami dapat berkonsultasi setiap penggunaannya agar tidak menyimpang dari aturan yang ada,” tegas Saridjo. (thd/zal)