Unika Kenalkan Aplikasi Halo Alumni

449
PROSESI WISUDA : Rektor Unika Soegijapranata, Prof Ridwan Sanjaya sedang memberi selamat kepada salah satu wisudawan, Sabtu (9/12) kemarin. (ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
PROSESI WISUDA : Rektor Unika Soegijapranata, Prof Ridwan Sanjaya sedang memberi selamat kepada salah satu wisudawan, Sabtu (9/12) kemarin. (ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG-Universitas Katholik (Unika) Soegijapranata memperkenalkan aplikasi Halo Alumni saat wisuda periode III tahun 2017 sebanyak 316 wisudawan di Auditorium Gedung Albertus Unika, Sabtu (9/12)  kemarin.

Rektor Unika Soegijapranata, Prof Ridwan Sanjaya mengatakan jika saat ini para lulusan atau mahasiswa harus memanfaatkan kemajuan zaman atau teknologi untuk bersaing di dunia kerja ataupun diperkuliahan. Untuk itu, diperlukan sistem yang terintegrasi guna mewadahi pencari kerja dengan perusahaan.

“Dengan aplikasi ini, memudahkan mahasiswa ataupun lulusan kami untuk mencari informasi seputar dunia kerja atau seputar informasi kampus. Misalnya saja legalisir ataupun keperluan lainnya,” katanya kemarin.

Dengan datang ke kampus, lanjut dia, saat sudah bekerja cenderung susah dan memakan waktu. Sehingga dengan aplikasi Halo Alumni, pihaknya ingin Unika menjadi rumah bagi alumni yang sering dikunjungi meskipun tidak bisa secara fisik. “Rumah digital bagi alumni tidak hanya menjadi sarana berkomunikasi atau hanya sekedar terhubung dengan alumni, tentunya ada added value disitu,” paparnya.

Ia menjelaskan, dalam aplikasi ini jika¬† alumni membutuhkan kampus misalnya keperluan legalisir bisa melalui gadget. Dalam ijazah saat ini, yang penting bukan sekedar adanya cap basah karena itu konvensional, yang terpenting saat ini adanya verifikasi dan otentikasi. “Untuk teknologi saat ini, kami memanfaatkan teknologi barcode untuk kebutuhan verifikasi,”jelas Prof. Ridwan.

Kelebihan aplikasi Halo Alumni adalah adanya fasilitas crowdfunding, yakni alumni bisa tahu dan bisa menjadi investor bagi startup yang dikerjakan oleh almamaternya. Selain itu, dalam aplikasi tersebut diberikan beberapa informasi sehingga para alumni bisa tahu kondisi terakhir Unika.

“Dalam mencari tenaga kerja, misalnya sedang membuka lowongan kerja baik itu dalam taraf entry level maupun middle level, sehingga mereka yang menginginkan peningkatan karir bisa menengok ke aplikasi Halo Alumni,” tutupnya. (den/ida)