Pengelola BPR Optimistis 2018 Lebih Baik

Targetkan Tumbuh 20 Persen

1164
SERAHKAN HADIAH : Direktur Utama BPR Restu Klepu Makmur Darusalam menyerahkan secara simbolis hadiah grandprize Tabrisma kepada perwakilan pemenang di The Wujil, Ungaran, Minggu (10/12). (ISTIMEWA)
SERAHKAN HADIAH : Direktur Utama BPR Restu Klepu Makmur Darusalam menyerahkan secara simbolis hadiah grandprize Tabrisma kepada perwakilan pemenang di The Wujil, Ungaran, Minggu (10/12). (ISTIMEWA)

SEMARANG – Pengelola usaha Bank Perkreditan Rakyat (BPR) optimistis tahun depan bisnis lembaga keuangan mikro ini akan makin cerah. Selain daya beli masyarakat yang dinilai akan lebih baik, diprediksi akan banyak usaha baru yang tumbuh.

”Kami optimistis sekali tahun depan pertumbuhan BPR akan lebih baik. Kami sendiri yang selama ini fokus ke sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) juga meyakini akan banyak usaha baru di sektor ini yang tumbuh. Inilah yang akan kami bidik untuk biayai permodalannya karena memang sudah menjadi concern kami,” jelas Direktur Utama BPR Restu Klepu Makmur Darusalam didampingi Direktur Pujiyanto di sela-sela pengundian arisan grand prize Tabrisma 4, undian Tabrisma 5 dan launching Tabrisma 6 di The Wujil, Ungaran, Minggu (10/12).

Menurut dia indikator membaiknya prospek usaha ini antara lain tampak dari pencapaian outstanding kredit BPR tersebut yang mencapai Rp 171,738 miliar. Adapun sampai akhir tahun ini, BPR Restu Klepu Makmur menargetkan bisa menyalurkan kredit sebesar Rp 173 miliar. ”Kalau melihat perkembanganya, meski tinggal beberapa pekan, kami yakin target bisa terlampaui,” jelasnya.

Pada 2018, lanjut Darusalam, pihaknya mematok target pertumbuhan pinjaman sebesar Rp 200 miliar atau tumbuh 20 persen. Target ini dinilai cukup konservatif karena BPR yang memiliki 9 jaringan kantor di Jateng ini memiliki basis nasabah yang kuat.

”Nasabah kami adalah para UKM mulai pedagang pasar sampai perajin souvenir dan sebagian besar sudah menjadi nasabah loyal puluhan tahun,” tambahnya.

Namun demikian, menurut dia, dalam hal kinerja ini faktor Sumber Daya Manusia (SDM) sangat penting. Oleh karena itulah, pihaknya selalu melakukan pelatihan bagi karyawan agar mampu mendukung performa kinerja.

”Saat ini kami memiliki 4 kantor cabang dan 5 kantor kas tersebar mulai Purworejo, Salatiga dan Boyolali. Dari semua kantor tersebut seluruh SDM harus solid dan mumpuni dari semua lini,” tandasnya.

Sementara itu, dalam acara tersebut diundi grandprize undian arisan Tabrisma tahun pertama sebesar Rp 15 juta untuk 3 pemenang, grandprize undian arisan tahun kedua sebesar Rp 30 juta untuk 3 pemenang dan grandprize tahun ketiga sebesar Rp 225 juta untuk 3 orang pemenang.

”Pada grandprize ke 3 ini, terbagi dalam tiga pemenang yakni Rp 100 juta, Rp 75 juta dan Rp 50 juta,” katanya. (aro/ric)