Basmi 2.648 Tikus, Imbalannya Kambing

576
HADIAH KAMBING: Pemenang lomba berburu tikus menerima hadiah dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Temanggung, Senin (11/12). (IST)
HADIAH KAMBING: Pemenang lomba berburu tikus menerima hadiah dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Temanggung, Senin (11/12). (IST)

TEMANGGUNG—Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan bersama Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (Disperindag dan UMKM) Kabupten Temanngung, punya cara tersendiri untuk membasmi hama tikus di sawah.

Mengandeng Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin) Cabang Temanggung, dua dinas itu menggelar lomba berburu tikus, mulai 4 Desember hingga 11 Desember 2017.

Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Temanggung, Mintyasto, mengatakan, lomba pengendalian tikus salah satu upaya untuk mengamankan produktivitas tanaman pangan. Sekaligus, mengamankan pendapatan petani dan ikut menjaga kesehatan masyarakat dari bahaya penyakit yang dibawa tikus. “Pengamanan dilaksanakan di kecamatan endemis tikus, yakni Jumo, Candiroto, Kandangan, Parakan.”

Ketua Perbakin Cabang Temanggung, Purwo Edi Suhodo mengatakan, lomba diikuti 125 peserta. “Lomba yang berlangsung sekitar satu pekan, bisa terkumpul hasil buruan sebanyak 2.648 ekor tikus.”

Juara satu, berhasil mengumpulkan 1.514 ekor tikus, juara dua 458 ekor tikus, dan juara tiga 287 ekor tikus. “Para pemenang lomba berhak mendapat hadiah kambing plus uang pembinaan.” (san/isk)